BNPB pertebal pemadaman karhutla di enam provinsi

id pemadaman karhutla, bnpb,provinsi prioritas

BNPB pertebal pemadaman karhutla di enam provinsi

Helikopter water boombing melakukan pemadaman lahan terbakar di sekitar kawasan yang tak jauh dari Bandara Internasional Syamsudin Noor di Banjarbaru. (ANTARA/Firman)

Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mempertebal dukungan untuk pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di enam provinsi prioritas, yakni Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam siaran yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa, menyatakan dukungan tersebut seiring kenaikan titik api atau hotspot di enam provinsi prioritas tersebut.

Menurut Abdul, ketika Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto memantau situasi penanganan karhutla seperti di Sumatera Selatan, masih banyak ditemukan aparat di daerah yang memadamkan api dengan cara manual menggunakan ranting pohon.

Dukungan kepada Satuan Tugas Darat, yakni dengan mendistribusikan alat pelindung diri (APD) hingga tambahan armada heli pemantau.

"Karena beberapa kali memakai rubber boot (sepatu karet) putus. Kalau misalkan menginjak bara api itu pasti terbakar, dan kita sudah berikan dukungan APD, ada pompa dan lain-lain, yang kita harapkan bapak Kepala BNPB melihat langsung di lapangan, apa yang kurang langsung dipertebal," ujar Abdul.

Abdul menjelaskan kenaikan titik api terjadi secara signifikan di Kalimnatan Tengah dan Kalimantan Selatan. Laporan tersebut akan terus dimutakhirkan hingga mencakup kabupaten/kota.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BNPB pertebal dukungan pemadaman karhutla di enam provinsi prioritas
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024