BNPB: TMC ditambah padamkan karhutla di provinsi prioritas

id TMC,BNPB,karhutla,modifikasi cuaca,pemadaman karhutla,karhutla kalbar,kalhutla sumsel,karhutla jambi,karhutla kalteng

BNPB: TMC ditambah padamkan karhutla di provinsi prioritas

Ilustrasi: Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang Palembang Kol. Pnb Sigit Gatot Prasetyo (kiri) bersdiskusi dengan jajaran dari BRIN, BMKG, BPBD, dan BNPB terkait pesawat cesna yang akan digunakan pada pembukaan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di Lanud Sri Mulyono Herlambang Palembang, Sumsel, Selasa (8/8/2023). ANTARA FOTO/Feny Selly/Spt (ANTARA FOTO/FENY SELLY)

Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) menambah unit Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk mendukung operasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di provinsi prioritas penanganan.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari kepada ANTARA di Jakarta, Kamis, mengatakan pihaknya menyiagakan 10 unit fixed wing untuk mendukung operasi TMC.

"BNPB sudah menyiagakan 10 unit fixed wing untuk mendukung operasi Teknologi Modifikasi Cuaca untuk empat kawasan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Selatan-Kalimantan Tengah," ujar Abdul.

Abdul mengatakan operasi TMC di provinsi prioritas tersebut telah dilakukan sejak tiga bulan lalu.

Namun pasca-Rapat Terbatas (Ratas) Mitigasi Dampak Fenomena El Nino di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (3/10), yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo, jumlah unit TMC ditambah dari empat menjadi sepuluh.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BNPB tambah unit TMC perkuat pemadaman karhutla di provinsi prioritas
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024