Presiden Jokowi perintahkan Kasad jaga situasi kondusif selama Pemilu

id Kasad TNI Jenderal Agus Subiyanto,pemilu 2024

Presiden Jokowi perintahkan Kasad jaga situasi kondusif selama Pemilu

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto menjawab pertanyaan media usai dilantik sebagai Kasad di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (25/10/2023). (ANTARA/Yashinta Difa)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menginstruksikan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto untuk menjaga situasi kondusif selama Pemilu 2024.

“Kita lihat ada 802.000 tempat pemungutan suara (TPS), nanti saya bersama Polri dan seluruh elemen masyarakat akan mengamankan semua TPS sehingga pada saat pencoblosan itu kita tidak bekerja sendiri, tetapi bekerja sama untuk menciptakan situasi kondusif di wilayah Indonesia,” ujar Agus setelah acara pelantikan dirinya sebagai Kasad TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa setiap Komando Daerah Militer (Kodam) telah memiliki rencana kontijensi, termasuk di antaranya untuk mewaspadai potensi kerawanan pemilu mendatang.

“Para Pangdam nanti akan memaparkan ke saya tentang rencana kontijensi, demikian juga untuk kerawanan-kerawanan pemilu ini,” kata dia.

Agus pun memastikan bahwa TNI akan tetap menjaga netralitas selama Pemilu 2024.

“Kita akan netral,” kata dia, menegaskan.

Jenderal Agus Subiyanto dilantik sebagai Kasad untuk menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang akan purna bakti pada 19 November 2023.

 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden perintahkan Kasad jaga situasi kondusif selama Pemilu
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024