Atasi pascapanen, BRIN kembangkan teknologi "Nanobubble Generator"

id Penelitian BRIN, Pascapanen, Komoditas Pertanian

Atasi pascapanen, BRIN kembangkan teknologi "Nanobubble Generator"

Sejumlah sayuran dijual di toko modern di Jakarta, Kamis (23/11/2023). ANTARA/Bayu Pratama S

Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengembangkan teknologi Nanobubble Generator untuk penanganan pascapanen komoditas pertanian dan meningkatkan mutu hasil pertanian Indonesia.

“Nanobubble Generator yang kami riset sejak 2016 lalu, kini telah dapat memproduksi ozon nanobubble water,” kata Peneliti Pusat Riset Mekatronika Cerdas BRIN Anto Tri Sugiarto dalam webinar dipantau di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan ozon nanobubble water untuk menangani masalah sampah makanan (food loss) dan makanan olahan siap konsumsi namun dibuang (food waste) pascapanen di komunitas pertanian.

“Kami di BRIN mencoba menyelesaikan permasalahan yang tadinya itu ozon dalam bentuk gas, nah kita kembangkan ozon itu kita larutkan di dalam air dalam bentuk ozon nanobubble water,” kata dia.

Ia mengatakan salah satu penyebab sampah makanan adanya mikroba yang mengakibatkan tanaman hasil pertanian menjadi tidak tahan lama.

“Ozon merupakan salah satu teknologi non-termal sehingga dapat dianggap mampu membantu proses sterilisasi nontermal pascapanen,” kata Anto.

Ia menjelaskan dua pilihan dalam teknologi tersebut, yaitu micro bubbling dengan ukuran 10-45 mikron dan nanobubble dengan kisaran 100 nanometer.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Atasi pascapanen, BRIN kembangkan teknologi Nanobubble Generator
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024