Bantul gelar Deklarasi Pemilu Damai 2024 menguatkan semangat kebersamaan

id Deklarasi Pemilu Damai ,Kuatkan semangat kebersamaan ,Persatuan dan kesatuan

Bantul gelar Deklarasi Pemilu Damai 2024 menguatkan semangat kebersamaan

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih memukul gong pada Deklarasi Pemilu Damai di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sabtu (25/11/2023) (ANTARA/HO-Kominfo Pemkab Bantul)

Bantul (ANTARA) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar Deklarasi Pemilu Damai  2024 agar pelaksanaan kontestasi pemilu berjalan aman, damai, dan lancar.

"Kita semua berharap melalui deklarasi ini akan menguatkan semangat kita dalam membangun demokrasi dalam kebersamaan yang penuh dengan semangat persatuan dan kesatuan," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih pada kegiatan Deklarasi Pemilu Damai 2024 di Bantul, Sabtu.

Oleh karena itu, Bupati Bantul memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas Deklarasi Pemilu Damai 2024 dan peluncuran "Pembumian Pendidikan Sadar Masyarakat Berwawasan Kebangsaan" (Bumi Darma Wangsa).

"Bumi Darma Wangsa memiliki peran strategis dalam menjaga kedaulatan, keutuhan, persatuan, dan kesatuan bangsa karena dengan meningkatnya kesadaran wawasan kebangsaan akan menjadi pemantik semangat untuk mencintai Tanah Air dan menjaga keutuhan NKRI," katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Bantul Heru Wismantara mengatakan pemilu adalah bentuk nyata dari kedaulatan rakyat dan merupakan momentum warga negara dalam memilih pemimpin dan wakil rakyat yang akan menjadi perwakilan suara rakyat.

"Keberhasilan pemilu tidak hanya dari hasil akhir, namun termasuk proses di dalamnya. Dalam menyambut Pemilu 2024, kami menggelar Deklarasi Pemilu Dama 2024i dan peluncuran "Bumi Darma Wangsa"," katanya.

Dia mengatakan sebagai upaya mendukung visi misi pembangunan Bantul dalam mewujudkan masyarakat yang unggul dan bermartabat, pihaknya melaksanakan amanat Peraturan Menteri Nomor 71 Tahun 2012 tentang Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan dengan Program Bumi Darma Wangsa.

"Kami menghadirkan program-program guna mendukung visi misi tersebut dengan Bumi Darma Wangsa, yaitu Pembumian Pendidikan Sadar Masyarakat Berwawasan Kebangsaan," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024