Jepang berharap ketegangan di Jalur Gaza mereda

id Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida ,Presiden Israel Isaac Herzog,konflik israel palestina,Gaza,Hamas

Jepang berharap ketegangan di  Jalur Gaza mereda

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida (kanan) disambut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif (kiri) di JCC untuk mengikuti KTT ke-18 Asia Timur di Jakarta, Kamis (7/9/2023). ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/Afriadi Hikmal/aww. (ANTARA FOTO/AFRIADI HIKMAL)

Dubai (ANTARA) - Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan kepada Presiden Israel Isaac Herzog bahwa ia berharap ketegangan di Gaza akan mereda sesegera mungkin.

Dalam pembicaraan mereka di sela-sela konferensi para pihak dalam kerangka kerja sama PBB untuk perubahan iklim (COP28) di Dubai, UAE, Jumat (1/12), Kishida juga mengatakan kepada Herzog bahwa peningkatan pengiriman pasokan ke Gaza sangat penting untuk memperbaiki situasi kemanusiaan di sana.

Itu adalah pertemuan langsung Kishida dengan seorang pemimpin politik Israel sejak pertempuran meletus di Gaza antara Israel dan kelompok pejuang Palestina, Hamas, pada 7 Oktober 2023.

Pertemuan itu bertepatan dengan dimulainya kembali pertempuran antara Israel dan Hamas setelah gencatan senjata selama seminggu yang dimulai pada 24 November.

Jepang diketahui menerapkan "diplomasi seimbang” antara Israel dan negara-negara Muslim di Timur Tengah, karena Tokyo sangat bergantung pada minyak mentah dari kawasan tersebut.

Pada awal pertemuannya dengan Herzog, Kishida mengecam Hamas karena melancarkan "serangan teror" ke Israel.

Sumber: Kyodo

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kishida kepada Herzog: Jepang berharap ketegangan di Gaza mereda
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024