Bupati Gunungkidul: Satlinmas Rescue Istimewa memberi rasa aman wisatawan

id Satlinmas Rescue Istimewa,Gunungkidul

Bupati Gunungkidul: Satlinmas Rescue Istimewa memberi rasa aman wisatawan

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengecek alat yang digunakan Satlinmas Rescue Istimewa dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunungkidul)

Gunungkidul (ANTARA) - Bupati Gunungkidul Sunaryanta  mengatakan Satlinmas Rescue Istimewa telah membantu memberikan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan serta sepenuh hati dalam menjalankan semua penugasan.

"Personil Satlinmas Rescue Istimewa bekerja profesional yang rela meninggalkan keluarga saat bertugas bahkan bertaruh nyawa dalam rescue kepada wisatawan yang mengalami insiden," kata Sunaryanta pada Apel Peningkatan Kapasitas SDM ini digelar di Pantai Baron, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa.

Ia mengatakan anggota SAR saat bertugas di lapangan dihadapkan memberikan pelayanan terbaik, mengedepankan keselamatan serta mematuhi standar operasional prosedur (SOP) yang sudah ada.

"Pelayanan yang baik akan memberikan persepsi yang baik bagi wisatawan. Mereka akan membawa informasi itu keluar yang dapat mengangkat citra Gunungkidul," katanya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengecek peralatan yang dimiliki Satlinmas Rescue Istimewa diantaranya Jetsky, peralatan selam, mobil ambulance. Bupati juga menyempatkan diri melihat kondisi gedung SAR Pantai Baron.

"Jangan sampai rusak, peralatan disimpan yang baik sehingga siap selalu saat akan digunakan," katanya.

Sekretaris SAR Pantai Baron Surisdiyanto mengatakan jumlah personil yang mengikuti Apel Peningkatan Kapasitas SDM sebanyak 99 anggota. SAR Korwil II Baron sebanyak 64 personil dan SAR Korwil I Pantai Sadeng sebanyak 35 personil.

"Semua hadir, dan untuk jadwal piket sudah kita sesuaikan setiap hari minimal ada tujuh orang yang bertugas," katanya.

Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan pemberian mikrofon secara simbolis dari Pemkab Gunungkidul yang diserahkan langsung oleh Bupati dan diterima perwakilan anggota SAR Korwil I dan II.