Cetak SDM berdaya saing, UT luncurkan dua prodi unggul

id Universitas Terbuka,program studi baru,magister,pendidikan agama Islam

Cetak SDM berdaya saing, UT luncurkan dua prodi unggul

Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof Ojat Darojat (tengah) dalam peluncuran program studi baru S1 PAI dan S2 PAUD di Tangerang, Selasa (16/1/2024). (ANTARA/Indriani)

Jakarta (ANTARA) - Universitas Terbuka (UT) meluncurkan dua program studi (prodi) unggulan baru yakni Sarjana Pendidikan Agama Islam dan Magister Pendidikan Anak Usia Dini.

“UT sebagai perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh memiliki tanggung jawab sekaligus peluang untuk ikut berpartisipasi meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) di Tanah Air,” ujar Rektor UT, Prof Ojat Darojat, di Tangerang, Selasa.

Caranya, dengan memberikan kesempatan kepada generasi muda yang ingin mengembangkan kualifikasi dan kualitasnya sebagai sarjana dan magister pendidikan pada bidang keahliannya masing-masing.

Dia menambahkan saat ini UT memberikan layanan kepada sebanyak 525.360 mahasiswa aktif yang tersebar di 34 provinsi dan lebih dari 50 negara.
 

“Ini merupakan sebagai bagian dalam menggelorakan semangat belajar sepanjang hayat bagi semua penduduk Indonesia, terlebih yang masuk dalam usia pendidikan tinggi,” kata dia lagi.

Magister Pendidikan Anak Usia Dini merupakan program studi magister ditawarkan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UT. Tiga program sebelumnya yaitu Magister Pendidikan Dasar, Magister Pendidikan Matematika, dan Magister Pendidikan Bahasa Inggris.

Program studi itu dirancang dengan keunikan dan keunggulan prodi ditinjau dari kurikulumnya yang terbagi menjadi lima bidang, yaitu Pengembangan Kurikulum dan pembelajaran, Perkembangan Anak, Manajemen, Analisis Kebijakan, dan Ke-Pendidikan Jarak Jauh (PJJ).


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: UT luncurkan dua program studi unggulan siapkan lulusan berdaya saing