BNPB dukung DSP mitigasi dan penanganan bencana Jatim

id bnpb,antisipasi bencana hidrometeorologi,jatim

BNPB dukung DSP mitigasi dan penanganan bencana Jatim

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto (tengah) saat memberikan keterangan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (15/1/2024). (ANTARA/Rubby Jovan)

Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan dukungan berupa Bantuan Operasional Dana Siap Pakai (DSP) untuk upaya mitigasi dan penanganan bencana hidrometeorologi di Jawa Timur.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (16/1) malam, menyebut bantuan tersebut untuk Provinsi dan seluruh Kabupaten/Kota se-Jawa Timur yang telah menetapkan status siaga dan tanggap darurat bencana hidrometeorologi basah masing-masing sebesar Rp250 juta.

Selain itu, BNPB menyalurkan dukungan peralatan logistik kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur berupa 8 unit Perahu Katamaran 3,2 meter, 13 set tenda pengungsi, 33 set tenda keluarga, 45 unit genset 2 KVA, 1.900 lembar selimut dan matras serta 110 unit tempat tidur lipat (velbed).

“Lakukan stimulan awal dengan bantuan yang diberikan, siapkan langkah-langkah mitigasi untuk meminimalisir dampak dari potensi bencana hidrometeorologi basah yang sewaktu-waktu dapat terjadi,” tutup Suharyanto.

Pada kesempatan yang sama, Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyampaikan apresiasi kepada BNPB atas dukungan yang selalu diberikan guna percepatan penanganan bencana di daerah.

“Sejak masa siaga darurat bencana kekeringan serta kebakaran hutan dan lahan, BNPB terus memberikan dukungan dana operasional dan peralatan. Sekarang pun demikian, dalam masa persiapan dan siaga darurat bencana hidrometeorologi basah kepada Jawa Timur,” ujar Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhi Karyono.
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BNPB beri dukungan DSP untuk mitigasi dan penangana bencana Jatim
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024