Jembatani ke industri susu, lindungi peternak sapi di Indonesia

id kemenkopukm,peternak sapi,koperasi susu

Jembatani ke industri susu, lindungi peternak sapi di Indonesia

Pekerja sedang mengolah susu yang dihasilkan oleh sapi peternak yang menjadi anggota Koperasi Peternak Susu Bandung Utara (KPSBU) Lembang, Jawa Barat, Selasa (23/1/2024). ANTARA/HO-KemenKopUKM.

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) berupaya melindungi peternak sapi milik rakyat dengan menghubungkan koperasi susu yang dengan usaha besar dan industri susu.

“Kita akan mengupayakan pola kemitraan antara koperasi susu dengan usaha besar dan industri susu. Langkah seperti ini juga untuk melindungi koperasi dan peternak sapi milik rakyat," kata SesKemenKopUKM Arif Rahman Hakim saat mengunjungi Koperasi Peternak Susu Bandung Utara sebagaimana dikutip dari keterangan resminya di Jakarta, Selasa.

SesKemenKopUKM menjelaskan proses modernisasi koperasi ini terbagi menjadi empat tahap yang terdiri dari fase permodelan, replikasi, masifikasi, pemantapan serta pengembangan lanjutan.

Selain itu, setidaknya ada enam pendekatan umum untuk memodernisasi koperasi. Yaitu, meliputi akses pembiayaan, fasilitasi kemitraan dan akses pemasaran, adopsi teknologi, serta restrukturisasi kelembagaan melalui amalgamasi.

"Lalu spin off atau pemekaran usaha, hingga pengembangan model koperasi multi pihak," ucapnya.

Untuk pendekatan fasilitasi kemitraan, SesKemenKopUKM mengatakan, hal itu dilakukan agar koperasi mendapat kepastian terkait akses pemasaran dimana produk-produk mereka ke depan sudah ada yang menyerap lewat kerja sama dengan pihak swasta. Koperasi yang akan menjadi role model modernisasi ialah mereka yang sudah memiliki offtaker.

KemenKopUKM, lanjutnya, juga akan melakukan pendekatan lewat adopsi teknologi pada aspek pabrikasi dalam rangka meningkatkan produktivitas. Ia pun terus mendorong koperasi masuk ke ekosistem digital, termasuk Koperasi Peternak Susu Bandung Utara (KPSBU) Lembang yang dikunjunginya.

“Saya mendukung KPSBU Lembang bisa memanfaatkan aneka program strategis KemenKopUKM dalam pengembangan kinerja dan usaha koperasi. Di antaranya, untuk meningkatkan kualitas SDM, kapasitas usaha, hingga jaringan pemasaran,” tuturnya.

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KemenKopUKM lindungi peternak sapi dengan jembatani ke industri susu
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024