KPU Sleman sebut KPPS garda terdepan penyelenggaraan pemilu

id KPU Sleman ,KPPS Pemilu ,Pemilu 2024

KPU Sleman sebut KPPS garda terdepan penyelenggaraan pemilu

Ketua KPU Kabupaten Sleman Ahmad Baehaqi. ANTARA/Victorianus Sat Pranyoto

Sleman (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menilai Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) merupakan garda terdepan dalam penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu).

"Sehingga pada Pemilu 2024 ini peran KPPS sangat penting agar dapat menghasilkan pemilu yang berkualitas dan berintegritas," kata Ketua KPU Kabupaten Sleman Ahmad Baehaqi, di Sleman, Kamis.

Menurut dia, KPU Kabupaten telah membentuk badan adhoc KPPS untuk pemilu 2024 dengan jumlah sebanyak 24.199 orang untuk memenuhi 3.457 tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Sleman.

"Pendaftaran calon anggota KPPS dimulai pada 11 - 20 Desember 2023 dan tidak ada perpanjangan pendaftaran karena kebutuhan badan adhoc ini pada semua kalurahan di Kabupaten Sleman telah terpenuhi," katanya.

Ia menyebut ada 24.481 pendaftar KPPS, dan hal ini menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat tinggi yang akan ikut menyukseskan pemilu 2024.

"Padahal kebutuhan KPU Kabupaten Sleman untuk memenuhi 3.457 TPS di Kabupaten Sleman adalah 24.199 anggota KPPS. Setiap TPS terdiri dari tujuh anggota KPPS," katanya.

Proses seleksi KPPS dilakukan dengan tahapan penelitian administrasi dan juga tanggapan masyarakat. Selain itu juga memperhatikan kompetensi, kapasitas, integritas, dan kemandirian calon anggota KPPS.

"Hal ini sangat penting dan mendasar dalam proses seleksi," ujarnya.

Ahmad mengatakan pelantikan anggota KPPS dilakukan hari ini yang dilaksanakan oleh setiap Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan tempat pelantikan mayoritas di kantor kalurahan dan juga ada yang difasilitasi atau didukung oleh perguruan tinggi.

"Misalnya, di Kalurahan Caturtunggal, Depok dilaksanakan di Auditorium Driyarkara Universitas Sanata Dharma dan Kalurahan Maguwoharjo diselenggarakan di Grha Instiper," katanya.

Sedangkan kelurahan di Kapanewon Gamping dilaksanakan pada satu tempat dipusatkan di Lapangan Ambarketawang.

Ada empat lokasi di Sleman yang 'live zoom meeting' dengan KPU RI pada pelantikan anggota KPPS yaitu Kalurahan Condongcatur Kapanewon Depok, Kalitirto Kapanewon Berbah, Bokoharjo Kapanewon Prambanan, dan Kalurahan Sendangarum Kapanewon Minggir.

"KPU RI memonitoring langsung pelantikan anggota KPPS untuk memastikan bahwa calon anggota KPPS telah dilantik dalam menjalankan tugas," katanya.

Ia mengatakan masa kerja KPPS mulai pada 25 Januari hingga 25 Februari 2024, dan setelah pelantikan akan dilakukan bimbingan teknis pemungutan dan penghitungan suara pada hari berikutnya.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024