Bantuan insentif RT/RW naik jadi Rp1,5 juta

id Insentif rt/rw

Bantuan insentif RT/RW naik jadi Rp1,5 juta

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil (DPMD Dukcapil) Provinsi Kepri, Misbardi. (Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menaikkan bantuan keuangan khusus (BKK) berupa dana insentif RT/RW daerah setempat dari Rp1,2 juta pada tahun 2023 menjadi Rp1,5 juta pada tahun 2024.

"Total anggarannya sekitar Rp20 miliar, untuk RT/RW di 349 desa/kelurahan se-Provinsi Kepri," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil (DPMD Dukcapil) Provinsi Kepri, Misbardi di Tanjungpinang, Sabtu.

Misbardi mengatakan bantuan insentif RT/RW tersebut bersumber dari APBD Provinsi Kepri tahun anggaran 2024, namun penyerahannya akan dilakukan pada akhir tahun berjalan atau setelah APBD perubahan disahkan.

Sementara di tahun sebelumnya, kata dia, insentif RT/RW itu diserahkan pada awal tahun 2023, namun saat ini mengalami perubahan jadwal karena ada hasil evaluasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Selain itu, sambungnya, penyerahan insentif tersebut juga tidak disalurkan langsung oleh Pemprov Kepri seperti tahun lalu, melainkan dibagikan melalui APBD pemerintah kabupaten/kota masing-masing.