Bidan aktor utama penurunan stunting Indonesia

id Bidan,Stunting,Kemenko PMK,Ikatan Bidan Indonesia,BKKBN,RT,RW,Balita,Pengantin Baru,Kelahiran,Baji,TPK,TP PKK,IBI,Kolabo

Bidan aktor utama penurunan stunting Indonesia

Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan Kemenko PMK Agus Suprapto (empat dari kiri), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (empat dari kanan), beserta pengurus pusat Ikatan Bidan Indonesia (IBI) pada kongres ke-17 IBI di Jakarta pada Jumat (3/11/2023). (ANTARA/Lintang Budiyanti Prameswari).

Jakarta (ANTARA) -
Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Agus Suprapto menyatakan bahwa bidan adalah pemeran utama dalam percepatan penurunan stunting.
 
"Terkait stunting, saat ini semua yang paling paham tentang ini ya bidan. Oleh karena itu, kami berharap bidan bisa menjadi motor dan pemeran utama dalam percepatan penurunan stunting dengan cara berkolaborasi," kata Agus di Jakarta, Jumat.
 
Agus menjadi salah satu narasumber utama dalam Kongres ke-17 Ikatan Bidan Indonesia (IBI), yang diselenggarakan mulai 31 Oktober hingga 5 November 2023, dengan tema "Satukan Langkah dalam Transformasi Kesehatan untuk Penguatan Pelayanan Kebidanan Berkesinambungan Berbasis Bukti".
 
Menurutnya, bidan memiliki kemampuan kolaborasi luar biasa dan dapat menggerakkan seluruh komponen hingga tingkat desa dan kelurahan dalam rangka percepatan penurunan stunting (gangguan pertumbuhan pada anak).
 
"Bersama babhinkabtimas, babinsa, dan para kader di tingkat desa, bidan itu luar biasa kolaborasinya, bisa koordinasi secara vertikal maupun horizontal. Ini yang selalu kita tunggu-tunggu supaya lebih nyata lagi dampak yang diberikan kepada masyarakat," kata Agus.
 
Ia juga berpesan agar para bidan dapat memberikan informasi dan edukasi pada seluruh pihak di tingkat desa untuk berkolaborasi menurunkan stunting dan angka kematian ibu, menggalakkan imunisasi, serta program-program lain sebagai langkah untuk mewujudkan transformasi pada layanan kesehatan primer.
 
"Bidan merupakan kunci sukses kolaborasi di tingkat desa. Kami berharap dari 85.000 desa yang akan dibentuk puskesmas sesuai instruksi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, bisa dipercepat dengan melakukan berbagai hal, salah satunya dengan target bahwa tahun depan semua desa bisa terisi dengan bidan-bidan berkualitas tinggi," katanya.
 
Agus Suprapto juga menyebutkan, dalam pembangunan berkelanjutan, stunting termasuk di dalam tujuan di nomor dua.
 
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenko PMK: Bidan pemeran utama dalam percepatan penurunan stunting
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024