Forum Keluarga Besar IPB menyerukan demokrasi bermartabat di Indonesia

id Kota Bogor, IPB, demokrasi,pemilu 2024,pilpres 2024

Forum Keluarga Besar IPB menyerukan demokrasi bermartabat di Indonesia

Forum Keluarga Besar IPB menyampaikan seruan demokrasi bermartabat di IPB International Convention Center, Sabtu (3/2/2024). (ANTARA/Shabrina Zakaria)

Kota Bogor (ANTARA) - Forum Keluarga Besar IPB University menyampaikan seruannya untuk mendorong proses suksesi kepemimpinan nasional melalui pemilihan umum (pemilu) berlangsung tertib, aman dan damai.

Guru Besar IPB Haryadi Kartodihardjo mengatakan untuk praktik demokrasi yang bermartabat, ada lima poin dalam seruan yang mewakili para guru besar dan mahasiswa IPB University, pertama, kepemimpinan dan pemerintahan Indonesia harus dikembalikan pada semangat sila keempat Pancasila.

“Kedua, kepemimpinan nasional wajib dipilih melalui proses demokrasi yang bebas, jujur, dan adil untuk memperoleh legitimasi kuat dari rakyat, serta dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan dengan check and balance antara pemerintah dan DPR atau DPD yang baik,” kata Haryadi saat membacakan sikap Forum Keluarga Besar IPB University, di Bogor, Sabtu.

Poin ketiga menurut Haryadi, pemimpin nasional harus menjunjung tinggi etika dan moral yang sejalan dengan sumpah jabatan sehingga kepercayaan masyarakat dapat terjaga dan menjadi teladan bagi rakyat.

Dia mengatakan bahwa peraturan perundang-undangan dan pelaksanaannya harus dikembalikan pada amanat rakyat dan akal sehat.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Forum Keluarga Besar IPB serukan demokrasi bermartabat
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024