Polres Bantul menyiagakan puluhan personel amankan pemungutan suara ulang

id Polres Bantul ,Pengamanan pemungutan suara ulang ,Pemilu 2024

Polres Bantul menyiagakan puluhan personel amankan pemungutan suara ulang

Kesiapan personel Polres Bantul, DIY dalam pengamanan Pemilu 2024. (Foto ANTARA/HO/Humas Polres Bantul)

Bantul (ANTARA) - Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyiagakan puluhan personel untuk pengamanan pemungutan suara ulang atau PSU Pemilu 2024 di sejumlah tempat pemungutan suara wilayah hukum kabupaten ini.

"Sebanyak 88 personel Polri disiapkan untuk pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) yang melakukan pencoblosan ulang yang digelar serentak pada Sabtu (24/2)," kata Kepala Kepolisian Resor Bantul Ajun Komisaris Besar Polisi Michael R. Risakotta di Bantul, Jumat.

Menurut dia, pemungutan suara ulang akan digelar di lima TPS yang tersebar di tiga kecamatan, meliputi TPS 3 Dusun Kalipakis Desa Tirtonirmolo, TPS 16 Nglengis Sitimulyo dan TPS 09 Desa Srimartani Piyungan serta TPS 69 Banguntapan dan TPS 34 Tamanan Banguntapan.

Kapolres Bantul mengatakan pola pengamanan telah disiapkan untuk pelaksanaan pemungutan suara ulang tersebut.

"Pada saat proses pemungutan suara, masing-masing TPS yang menggelar pemungutan suara ulang akan dijaga lima polisi," katanya.

Menurut dia, polisi terus berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bantul agar pelaksanaan pemungutan suara ulang dapat berjalan lancar.

"Kami mengimbau masyarakat yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 di TPS untuk menggunakan hak pilih mereka kembali. Ayo sukseskan Pemilu 2024 dengan menggunakan hak pilih anda," katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Bantul Joko Santoso ketika dikonfirmasi mengatakan dalam persiapan pelaksanaan PSU di lima TPS tersebut sudah disiapkan seluruh logistik, baik logistik kotak suara beserta surat suara maupun logistik yang ada di luar kotak suara.

"Untuk di luar kotak sudah kita distribusikan, termasuk persiapan untuk pendirian TPS sudah kemarin. Untuk di dalam kotak sore ini distribusi kotak ke masing masing kecamatan untuk kemudian besok pagi dikirim oleh PPK PPS ke masing-masing TPS. Dikirim ke kecamatan karena pertimbangan dari aspek keamanan lebih terjaga," katanya.