Sleman gelar peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara

id Penegakan Kedaulatan Negara ,Pemkab Sleman ,HUT Satpol PP ,HUT Pemadam Kebakaran ,Sleman

Sleman gelar peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara

Komandan Kodim 0732/ Sleman Letkol Arm Danny Arianto Pardamean Girsang bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara, HUT Satpol PP dan Pemadam Kebakaran di Lapangan Pemda Sleman, Jumat (1/3/2024). (ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman).

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar upacara bendera dalam rangkap peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara 1 Maret di Lapangan Pemda Sleman, Jumat.

Upacara yang dihadiri Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa dengan peserta upacara meliput ASN di lingkungan Pemkab Sleman, TNI dan Polri ini ini juga dalam rangka Hari Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja dan Hari Ulang Tahun Pemadam Kebakaran.

Bertindak sebagai inspektur upacara pada kegiatan ini Komandan Kodim (Dandim) 0732/Sleman Letkol Arm Danny Arianto Pardamean Girsang.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dalam amanat yang dibacakan Dandim 0732/Sleman mengatakan, peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara ini diselenggarakan untuk memperingati momentum bersejarah dalam perjalanan bangsa Indonesia, yaitu Peristiwa Serangan Oemoem (Umum) 1 Maret tahun 1949.  

Menurut dia, peristiwa Serangan Oemoem tersebut mampu menegakkan kembali eksistensi dan kedaulatan Negara Indonesia di dunia internasional.

"Momentum tersebut juga berhasil menyatukan kembali kesadaran dan semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia," katanya.

Ia mengatakan, Serangan Oemoem 1 Maret 1949 yang berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta membuktikan bersatunya berbagai elemen bangsa dalam melawan tirani penjajahan.

"Perjuangan tersebut merupakan bukti semangat rakyat, keberanian rakyat dalam memperjuangkan kemerdekaan," katanya.

Pada amanatnya tersebut Bupati Sleman juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, serta mengucapkan terima kasih atas pelayanan dan pengabdiannya pada masyarakat.

Bupati Sleman berharap, Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran semakin solid dan profesional dalam mengemban tugas serta memberikan perlindungan yang maksimal kepada masyarakat.

"Ke depan Satpol PP diharapkan semakin meningkatkan soliditas dan profesionalisme dalam mengemban tugasnya menegakkan peraturan daerah serta memberikan perlindungan yang maksimal kepada masyarakat," katanya.

Sedangkan pada peringatan HUT Pemadam Kebakaran kali ini Bupati Sleman mengajak semua elemen masyarakat untuk senantiasa meningkatkan kesadaran dan mitigasi masyarakat dalam mencegah bencana, terutama bencana kebakaran.






 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024