Lima strategi Kemenag untuk penyelenggaraan haji ramah lansia

id Haji Ramah Lansia,Kemenag RI,Ibadah Haji,Komisi VIII DPR

Lima strategi Kemenag untuk penyelenggaraan haji ramah lansia

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam rapat kerja Komisi VIII dengan Menteri Agama di Kompleks Parlemen, Jakarta, sebagaimana dipantau melalui kanal YouTube TVR Parlemen, Rabu (13/3/2024). (ANTARA/Tri Meilani Ameliya)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) RI menyiapkan lima strategi dalam rangka mendukung penyelenggaraan ibadah haji 1445 Hijriah/2024 Masehi yang ramah terhadap jamaah lanjut usia atau lansia.

"Kami telah melakukan mitigasi dalam rangka mendukung penyelenggaraan haji ramah lansia dengan strategi sebagai berikut. Pertama, melakukan skrining kesehatan sebagai syarat pelunasan," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam rapat kerja Komisi VIII dengan Menteri Agama di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu.

Berikutnya, kata Yaqut melanjutkan, strategi kedua adalah Kementerian Agama akan memberikan kesempatan pelunasan bagi pendamping jamaah haji lansia pada pelunasan tahap kedua. Lalu strategi ketiga, Kementerian Agama pun akan menyiapkan fasilitas ramah lansia sejak di dalam negeri sampai di Arab Saudi.

Strategi keempat, menyiapkan sajian khusus bagi jamaah haji lansia. Yang terakhir, Kementerian Agama juga akan menyiapkan petugas khusus jamaah haji lansia.

Sebelumnya, Staf Khusus Menteri Agama (Stafsus Menag) Wibowo Prasetyo menyampaikan penyelenggaraan haji ramah lansia bernilai penting untuk dilakukan karena jumlah jamaah lansia pada ibadah haji tahun 2024 masih cukup besar, yakni sekitar 40 ribu lebih dari total jamaah 241.000 orang.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenag siapkan lima strategi untuk penyelenggaraan haji ramah lansia
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024