Pemkab Gunungkidul mendistribusikan bantuan beras kepada 4.683 KPM

id Bantuan beras,Gunungkidul

Pemkab Gunungkidul mendistribusikan bantuan beras kepada 4.683 KPM

Bupati Gunungkidul Sunaryanta menyerahkan bantuan beras kepada keluarga penerima manfaat di Nglipar pada Senin (18/3). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunungkidul)

Gunungkidul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai mendistribusikan bantuan beras cadangan pemerintah kepada 4.683 keluarga penerima manfaat yang ada di tujuh kalurahan (kelurahan) di Kapanewon Nglipar.  

Bupati Gunungkidul Sunaryanta di Gunungkidul, Senin, mengatakan bantuan beras cadangan pangan pemerintah merupakan alokasi untuk bulan Maret yang disalurkan mulai 18-25 Maret 2024 kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di setiap desa/kalurahan.

"Kami berharap kepada seluruh masyarakat penerima bantuan ini untuk dimanfaatkan sebaik mungkin utamanya di tengah harga beras yang relatif mahal," kata Sunaryanta usai menyerahkan bantuan beras kepada KPM di Kalurahan Kedungkeris.

Selain di Kalurahan Kedungkeris, Kapanewon Nglipar, Bupati juga menyerahkan Bantuan beras CPP di Kalurahan Nglipar, Pengkol, Kedungpoh, Katongan, Pilangrejo dan Natah.   

"Penyerahan bantuan ini serentak dilaksanakan mulai hari ini. Total bantuan beras mencapai 46.830 ton," katanya.

Bupati juga mengatakan bantuan beras CPP ini akan diberikan oleh pemerintah hingga Juni mendatang. Masyarakat prasejahtera diminta dapat memanfaatkan bantuan dengan baik utamanya menjelang lebaran sebagai stok kebutuhan sehari hari.

"Saat ini sudah ada beberapa wilayah yang panen, semoga kebutuhan pangan khususnya beras tetap lancar dan harga kembali stabil," katanya.

Sekda Gunungkidul Sri Suhartanta mengatakan pelaksanaan penyaluran cadangan pangan pemerintah berpedoman pada Keputusan Kepala Badan Pangan Nasional RI Nomor 19 Tahun 2024 tentang Perubahan Atas Keputusan Kepala Badan Pangan Nasional Nomor : 01/TS.03.03/K/1/2024 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah untuk Pemberian Bantuan Pangan Tahun 2024.

"Keberhasilan dan kelancaran pelaksanaan Penyaluran Pemberian Bantuan Pangan membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, terlebih panewu dan lurah se Kabupaten Gunungkidul dalam mensosialisasikan dan membantu pada saat penyaluran di titik distribusi dilaksanakan," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024