Tanggul kiri Sungai Wulan Demak, Jateng, jebol berhasil ditutup

id tanggul sungai wulan ditutup, tanggul jebol sungai wulan

Tanggul kiri Sungai Wulan Demak, Jateng,  jebol berhasil ditutup

Kondisi tanggul kiri Sungai Wulan di Desa Ketanjung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, yang sebelumnya jebol, kini sudah tertutup, Jumat (22/3/2024), sehingga air sungai tidak lagi masuk ke permukiman warga. ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif

Demak (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia berhasil menutup tanggul kiri Sungai Wulan di Desa Ketanjung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, yang jebol, sehingga air sungai tidak lagi masuk ke permukiman warga.

"Perbaikan tanggul jebol sudah dimulai sejak Senin (18/3) dengan menerjunkan sejumlah alat berat. Bahkan, sebelum tanggul jebol sudah ada personel di tanggul," kata Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Bob Arthur Lombogia ditemui di sela-sela meninjau pengerjaan tanggul kiri Sungai Wulan di Desa Ketanjung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jumat.

Upaya penutupan tanggul jebol, kata dia, memang menghadapi kendala karena kedalaman air di lokasi tanggul jebol lebih dari 8 meter, sehingga upaya pemasangan menggunakan tiang pancang berukuran 6 meter hilang.

Akhirnya, imbuh dia, harus didatangkan tiang pancang lebih panjang dengan ukuran 9 meter, baru bisa dimasukkan untuk penutupan tanggul.

"Hal itu yang menyebabkan agak lama. Akhirnya penutupan baru bisa dilakukan pada Kamis (21/3) malam harinya. Sehingga ada harapan genangan banjir bisa kering karena debit air sungai masih di atas 100 kubik," ujarnya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Tanggul kiri Sungai Wulan Demak yang jebol berhasil ditutup
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024