Bupati Bantul: Kampung Ramadhan bermanfaat bagi pengembangan SDM pemuda

id Kampung Ramadan ,Pemkab Bantul ,Pengembangan pemuda

Bupati Bantul: Kampung Ramadhan bermanfaat bagi pengembangan SDM pemuda

Suasana pasar sore di Kampung Ramadhan Sanden di Kelurahan Murtigading, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (ANTARA/HO-Kominfo Pemkab Bantul)

Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta Abdul Halim Muslih mengatakan Kampung Ramadhan yang digelar pemuda-pemudi Sanden, Kelurahan Murtigading, dalam rangka memeriahkan bulan puasa dapat bermanfaat bagi pengembangan sumber daya manusia pemuda.

"Kegiatan Kampung Ramadhan seperti ini merupakan hal yang baik dan bermanfaat bagi pengembangan sumber daya manusia (SDM) khususnya kalangan pemuda," kata Abdul Halim dalam keterangannya ketika mengunjungi Kampung Ramadhan Sanden di Bantul, Ahad.

Oleh karena itu, Bupati Bantul memberikan apresiasi kepada para pemuda Pedukuhan Sanden yang telah menyelenggarakan kegiatan pasar sore yang menyediakan berbagai macam menu makanan buka puasa yang berlangsung sejak 23 Maret hingga 31 Maret 2024.

Bupati mengatakan, pemuda merupakan penerus bangsa, karena itu para pemuda harus berperan aktif dan ikut hadir dalam kehidupan sosial bermasyarakat yang penuh dengan dinamika.

Pemuda, kata Bupati, juga harus terjun langsung guna mendapatkan pengalaman dan menggali ilmu sedalam-dalamnya, agar ke depan bisa mengatasi berbagai macam permasalahan sosial masyarakat yang timbul dan bisa memecahkannya dengan mudah.

"Ayo, pemuda berorganisasi, mari berperan dan bersosialisasi untuk turut melakukan perubahan yang baik di masyarakat kita," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kampung Ramadhan Sanden Falah Akbar mengatakan tujuan diselenggarakannya Kampung Ramadhan adalah untuk memutar roda perekonomian warga Pedukuhan Sanden.

Menurut dia, banyaknya warga yang berburu takjil atau jajanan buka puasa jadi peluang usaha bagi para pedagang untuk meningkatkan perekonomian. Selain itu, para pembeli akan diberi kupon undian hadiah yang diundi saat penutupan kegiatan.

"Semoga kegiatan Kampung Ramadhan bisa menarik perhatian masyarakat untuk berkunjung dan membeli jajanan yang dijajakan, dan pada akhirnya bisa meningkatkan pendapatan para pedagang yang merupakan warga sekitar," katanya.*