Pemkab Gunungkidul menyalurkan bantuan beras cadangan pangan pemerintah

id Bantuan beras,Cadangan pangan pemerintah,Gunungkidul

Pemkab Gunungkidul menyalurkan bantuan beras cadangan pangan pemerintah

Bupati Gunungkidul Sunaryanta menyerahkan bantuan beras kepada keluarga penerima manfaat di Wonosari, Senin (25/3). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunungkidul)

Gunungkidul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyalurkan bantuan beras cadangan pangan pemerintah alokasi Maret di seluruh kalurahan (kelurahan) di Kapanewon (Kecamatan) Wonosari yang diharapkan dapat meringankan beban masyarakat menjelang Idul Fitri 2024.

"Mewakili pemerintah pusat, saya serahkan bantuan beras ini, semoga dapat bermanfaat dan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin," kata Bupati Gunungkidul Sunaryanta di Balai Kalurahan Wonosari, Gunungkidul, Senin.



Ia mengatakan masyarakat patut bersyukur bantuan beras diberikan saat lonjakan harga kebutuhan pokok relatif naik. Bantuan ini akan diberikan empat bulan berturut-turut hingga Juli mendatang.

"Berasnya untuk persiapan Lebaran, jangan dijual," katanya.

Bupati Sunaryanta mengatakan total keluarga penerima manfaat (KPM) di Kapanewon Wonosari mencapai 19.604 kepala keluarga (KK).

"Total ada 14 kalurahan di Kapanewon Wonosari, KPM terbanyak terdapat di Kalurahan Karang Tengah, yakni mencapai 1.253 orang dengan jumlah bantuan sebesar 12,53 ton," katanya.

Sekretaris Daerah Gunungkidul Sri Suhartanta mengatakan keberhasilan dan kelancaran pelaksanaan penyaluran pemberian bantuan pangan membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk panewu (camat) dan lurah se Kabupaten Gunungkidul.



Bantuan beras disalurkan di seluruh kapanewon. Harapannya, KPM dapat menggunakan bantuan beras untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

"Alasan tersebut, salah satunya harus dilakukan monitoring dalam penyerahan bantuan ini," katanya.