RSUD Bantul menambah layanan ruang Cath-Lab dan layanan bedah saraf

id RSUD Bantul ,Layanan baru ,Pelayanan kesehatan

RSUD Bantul menambah layanan ruang Cath-Lab dan layanan bedah saraf

Direktur RSUD Panembahan Senopati Atthobari pada konferensi pers usai peluncuran dua layanan baru di rumah sakit milik pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta itu. Kamis (28/3/2024). (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menambah dua layanan baru yaitu dengan meluncurkan layanan Ruang Cath-Lab dan layanan Bedah Saraf sebagai upaya meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat.

"Sudah menjadi komitmen RSUD Panembahan Senopati dalam setiap tahun meresmikan tambahan layanan baru. Tahun ini layanan baru yang diluncurkan adalah layanan Ruang Cath-Lab dan layanan Bedah Saraf," kata Direktur RSUD Panembahan Senopati Bantul Atthobari di sela peluncuran layanan itu di Bantul, Kamis.

Menurut dia, ruang Catheterization Laboratory/Cath-Lab atau disebut juga ruang kateterisasi jantung dan angiografi merupakan ruangan untuk melakukan pemeriksaan atau tindakan medis menggunakan sinar-x. Alat ini dapat menampilkan gambaran pembuluh darah secara detail.

Sedangkan layanan bedah saraf adalah cabang kedokteran yang berkaitan dengan diagnosis, pengobatan, dan pencegahan penyakit atau gangguan pada sistem saraf.

"Pelayanan prima adalah tingkatan pelayanan tertinggi. Oleh karena itu sesuai dengan misi rumah sakit yang pertama, yaitu memberikan pelayanan prima kepada pelanggan. Untuk meraih pelayanan prima kepada masyarakat harus sesuai dengan nilai-nilai yakni jujur, rendah hati, kerja sama, profesional, dan inovasi," kata Atthobari.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bantul Agus Budiraharja mengatakan dengan diluncurkannya dua layanan baru di rumah sakit milik pemerintah daerah ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan.

"Harapannya kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan bisa semakin dicukupi di RSUD Panembahan Senopati. Dengan Cath-Lab itu metode intervensi atau terapi untuk kasus-kasus tersumbatnya pembuluh darah itu bisa semakin cepat tertangani dan cepat pulih," katanya.

Dia juga berharap, layanan Cath-Lab dan Bedah Saraf ini dapat ditanggung Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan agar dapat dinikmati masyarakat secara luas. Di sisi lain pihaknya menekankan jika inovasi seperti ini harus selalu dihadirkan guna menjawab tantangan dan tuntutan layanan kesehatan masyarakat.

"Kita berharap BPJS bisa membersamai untuk melayani masyarakat dengan melakukan kerja sama karena dengan BPJS, jangkauan layanan akan semakin luas. Inovasi-inovasi seperti ini yang harus selalu kita lakukan, sebab tantangan kesehatan dan tuntutan kebutuhan layanan kesehatan masyarakat semakin banyak," katanya.*