Dinas Pertanian Gunungkidul beri bantuan alat pertanian pada petani

id Alat pertanian,Gunungkidul

Dinas Pertanian Gunungkidul beri bantuan alat pertanian pada petani

Bupati Gunungkidul Sunaryanta memberikan bantuan alat pertanian pada Senin (1/4). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunungkidul)

Gunungkidul (ANTARA) - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memberikan bantuan peralatan pertanian kepada kelompok tani di wilayah ini untuk mendukung peningkatan produksi hasil pertanian dan modernisasi alat pertanian.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta di Gunungkidul, Senin, berharap adanya bantuan alat pertanian ini dapat meningkatkan efektifitas dan produktifitas petani.

"Kami berharap bantuan alat pertanian dirawat dan dimanfaatkan sebaik mungkin, harapannya dapat mempermudah pekerjaan dan mempercepat produktifitas pertanian," kata Sunaryanta.

Ia juga berharap petani dan masyarakat mengoptimalisasi ladang dan pekarangan dengan ditanami tanaman pangan untuk menjaga ketahanan pangan keluarga.

"Saat ini masih ada hujan, lahan pertanian dan pekarangan dapat ditanami sayuran dan tanaman pangan lainnya," katanya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul Rismiyadi mengatakan ada sebanyak tiga buah traktor roda dua capung dan power threser multiguna yang dimanfaatkan oleh 10 kelompok tani.

"Untuk traktor roda dua capung senilai 12 juta, dan power threser senilai 25 juta rupiah yang mana kita ambilkan dari APBD 2024," katanya.

Ia mengatakan power threser akan dimanfaatkan oleh kelompok tani dengan harapan dapat meningkatkan produktifitas pertanian.

Selain itu juga diserahkan bantuan benih kelapa Genjah sebanyak 1.100 benih, dan juga bantuan pupuk organik 250 kg, pupuk NPK sebanyak 25 kg.

"Kami berupaya menjaga ketahanan pangan di masyarakat berdasarkan potensi dan kebutuhan kelompok tani. Harapannya dapat meningkatkan hasil pertanian," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024