RI tawarkan investasi energi terbarukan ke investor China

id energi terbarukan,china,singapura,indonesia,kbri beijing

RI tawarkan investasi energi terbarukan ke investor China

Duta Besar Republik Indonesia untuk Tiongkok dan Mongolia Djauhari Oratmangun berbicara dalam forum "The China RE Invest Indonesia 2024 di Beijing, China pada Senin (1/4/2024). (ANTARA/HO-KBRI Beijing)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia menawarkan investasi dalam bidang energi terbarukan kepada pengusaha di China dalam forum "The China RE Invest Indonesia 2024" di Beijing, Senin.

"Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai inisiatif dalam mendukung transisi energi seperti pembangunan infrastruktur transmisi listrik baru, pengembangan rantai pasok energi terbarukan khususnya sektor energi surya maupun pengembangan ekosistem kendaraan listrik, baterai, dan hidrogen hijau," kata Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Rachmat Kaimuddin dalam pernyataan tertulis, Selasa.

Rachmat menyampaikan hal tersebut dalam forum "The China RE Invest Indonesia 2024" yang diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beijing bekerja sama dengan Tenggara Strategics dan Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia di Beijing pada Senin (1/4).

Forum tersebut bertujuan untuk mengenalkan peluang investasi serta pembiayaan kepada investor dan pemodal asal China dalam energi terbarukan di Indonesia. Dalam acara itu juga dilangsungkan diskusi panel soal ekspor energi terbarukan ke Singapura dan sesi pertemuan bisnis (business-matching).

"Produksi panel surya dan sistem penyimpanan energi baterai (BESS) untuk ekspor listrik ke Singapura harus mampu memenuhi persyaratan konten lokal minimal 60 persen," tambah Rachmat.

Sedangkan Duta Besar RI untuk Tiongkok dan Mongolia Djauhari Oratmangun dalam acara tersebut menekankan hubungan bilateral yang kuat antara Indonesia dan China khususnya dalam bidang energi terbarukan.

Sesi diskusi menghadirkan Direktur Utama PT PLN Darmawan Prasodjo, Direktur Pembiayaan dan Investasi PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Sylvi J. Gani, Ketua Energi dan Sumber Daya Mineral Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) sekaligus CEO Medco Power Indonesia Eka Satria dan Direktur Urusan Publik Trina Solar Co., Ltd. Tori Liu.

"PLN berencana mengembangkan sistem jaringan pintar (smart-grid) secara menyeluruh untuk mendukung berbagai sumber energi terbarukan sehingga akan selaras dengan pembangunan Jaringan Listrik ASEAN lintas negara. Langkah ini akan membuka jalan bagi Indonesia untuk mengekspor energi terbarukan ke Singapura," kata Darmawan dalam diskusi tersebut.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Indonesia tawarkan investasi energi terbarukan kepada pengusaha China
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024