BRIN: Jejak patahan Baribis-Kendeng mengarah Jakarta diteliti

id brin,patahan baribis,patahan kendeng,sesar aktif,sesar pulau jawa,pemetaan sesar aktif,mitigasi gempa bumi

BRIN: Jejak patahan Baribis-Kendeng mengarah Jakarta diteliti

Tangkapan layar Peneliti Pusat Riset Kebencanaan Geologi BRIN Sonny Aribowo memaparkan keberadaan patahan yang membentang di Pulau Jawa dalam lokakarya pemetaan sesar aktif yang dipantau di Jakarta, Rabu (3/4/2024). (ANTARA/HO-BRIN)

Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menegaskan pentingnya penelitian jejak patahan Baribis - Kendeng atau Java Back-arc Thrust yang menjadi samar ke arah Jakarta.
 
Peneliti Pusat Riset Kebencanaan GEOLOGI BRIN Sonny Aribowo mengatakan patahan Baribis - Kendeng merupakan sebuah patahan naik yang berlokasi di belakang busur vulkanik Pulau Jawa.
 
"Ini sangat penting untuk dilakukan penelitian karena Jakarta adalah salah satu daerah dengan penduduk sangat padat dan infrastruktur yang mewah," ujarnya dalam lokakarya pemetaan sesar Pulau Jawa yang dipantau di Jakarta, Rabu.
 
Sonny menuturkan meski patahan samar yang terhubung dengan patahan Baribis - Kendeng itu mayoritas berada di Jawa Barat, namun saat terjadi gempa bumi pada patahan itu akan sangat mengganggu Jakarta.
 
Berdasarkan kajian BRIN, beberapa gempa bumi di Pulau Jawa yang terjadi selama dua tahun ke belakang justru muncul dari sesar yang belum terpetakan (Cianjur dan Sumedang) serta daerah yang tidak diduga terjadi gempa (Bawean).
 
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BRIN teliti jejak patahan Baribis-Kendeng yang mengarah Jakarta
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024