SPKLU andalan pemudik Lebaran 2024 pengguna mobil listrik

id stasiun pengisian kendaraan listrik umum,spklu,andalan,pemudik,mobil listrik,lebaran,ramadhan,mudik

SPKLU andalan pemudik Lebaran 2024 pengguna mobil listrik

Pemudik mobil listrik sedang melakukan pengisian ulang daya baterai di Rest Area KM 10A Tol Jagorawi, Jakarta, Sabtu (6/4/2024). ANTARA/Aji Cakti

Kabupaten Bogor, Jawa Barat (ANTARA) - Pengelola tempat istirahat dan pelayanan (rest area) KM 10A Tol Jagorawi mengungkapkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau SPKLU menjadi andalan bagi pemudik Lebaran 1445 Hijriah yang menggunakan mobil listrik.

General Affair dan HRD Manager Rest Area KM 10A Budimansyah mengatakan bahwa SPKLU di rest area-nya memiliki dua nozzle dan berkapasitas 60 kWh, sehingga bisa melakukan pengisian ulang daya secara cepat (fast charging).

"Bagi pelanggan yang memiliki mobil listrik bisa mengisi ulang daya baterainya di sini, dalam jangka waktu 30 menit sudah mencapai 80 persen dari daya awal baterai 10 persen," ujar Budimansyah kepada ANTARA di Rest Area KM 10A Tol Jagorawi, Jakarta pada Sabtu.

Dia mengatakan bahwa biasanya banyak pemilik kendaraan listrik mengisi daya baterai mobil listriknya pada akhir pekan atau ketika momentum liburan dibandingkan pada hari biasa.

"Sebagai pengelola rest area kami mendukung Eco Green di Indonesia untuk menggunakan mobil listrik, karena untuk mewariskan bumi yang terjaga kepada generasi selanjutnya. Rencananya kita akan menambah dua nozzle lagi, kemarin sudah penawaran dari pihak PLN," kata Budimansyah.

Dia berharap kendaraan listrik menjadi semakin terjangkau dan perawatan yang lebih mudah agar semakin banyak masyarakat yang dapat menggunakan kendaraan ramah lingkungan tersebut.

Dalam kesempatan sama, pemudik dengan mobil listrik bernama Denny asal Ciracas mengungkapkan bahwa melakukan perjalanan mudik dengan mobil listrik perlu mengetahui lokasi-lokasi SPKLU di destinasi tujuan mudik.

"Intinya pertama kesiapan untuk mudik dengan mobil listrik kita harus memastikan kondisi mobilnya baik dan kedua harus mengetahui lokasi-lokasi SPKLU," ujar Denny.



Denny mengatakan bahwa dirinya sudah melakukan perjalanan mudik sebanyak tiga kali ke Bandung, dan biaya yang dikeluarkan untuk melakukan pengisian ulang listrik jauh lebih hemat dibandingkan biaya mudik dengan menggunakan kendaraan berbahan bakar fosil.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: SPKLU jadi andalan pemudik Lebaran yang menggunakan mobil listrik