Bupati: Faskes di Bantul siap kembali melayani masyarakat usai Lebaran

id Faskes Bantul ,Kembali layani masyarakat ,Usai libur Lebaran

Bupati: Faskes di Bantul siap kembali melayani masyarakat usai Lebaran

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih saat mengunjungi pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (ANTARA/HO-Kominfo Pemkab Bantul)

Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Abdul Halim Muslih memastikan semua fasilitas kesehatan di kabupaten ini siap kembali melayani masyarakat usai libur dan cuti bersama Lebaran 2024.

"Hari ini adalah hari pertama pelayanan medis di rumah sakit maupun puskesmas di Kabupaten Bantul kita buka, dan hari ini semuanya sudah menjalankan tugas kesehariannya," kata Abdul Halim Muslih usai meninjau Puskesmas Imogiri I Bantul, Selasa.

Meskipun demikian, ia mengajak masyarakat Bantul agar senantiasa menjaga kesehatan masing-masing, agar terhindar dari sakit.

Dia mengatakan, puskesmas baik yang rawat inap maupun non-rawat inap dan rumah sakit se-Bantul siap melayani pasien dari Kabupaten Bantul maupun luar Bantul.

"Pasien juga sudah mulai berdatangan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan maupun pengobatan," katanya.

Bupati mengatakan rumah sakit umum daerah (RSUD) adalah salah satu institusi yang mensyaratkan hal yang paling mendasar yakni empati terhadap pasien. Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi civitas hospitalia tertanam rasa empati dalam dirinya.

Hal tersebut, menurut dia, mendorong para civitas hospitalia untuk meningkatkan kinerja, apalagi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati Bantul telah mencapai level paripurna bintang lima dalam hal pelayanan.

"Hal ini penting karena kalau tidak ada niat ibadah, maka kita ini akan mengalami kemandekan niat dan semangat. Akhirnya bisa menurunkan kinerja kita, menurunkan nilai pengabdian saudara-saudara sekalian," katanya.

Bupati juga berharap RSUD Panembahan Senopati agar terus meningkatkan kualitas layanannya sehingga semakin dipercaya oleh masyarakat sebagai institusi publik yang memuaskan seluruh masyarakat.