Australia-RI produksi ekosistem kendaraan listrik

id Indonesia-Australia,Kendaraan listrik,baterai kendaraan listrik

Australia-RI produksi ekosistem kendaraan listrik

Asisten Menteri Perubahan Iklim dan Energi Australia Jenny McAllister saat berbincang dengan media di Sydney, Australia, Senin (20/5/2024) (ANTARA/Imam Budilaksono)

Sydney, Australia (ANTARA) - Asisten Menteri Perubahan Iklim dan Energi Australia Jenny McAllister menegaskan komitmen negaranya untuk membangun ekosistem kendaraan listrik dan baterai bersama Indonesia.

Dia mengakui bahwa Indonesia berusaha membuat ekosistem manufaktur baterai kendaraan listrik, sebagai upaya mengembangkan energi ramah lingkungan.

"Australia sama seperti Indonesia, mempunyai tujuan yang sama (dengan Indonesia) untuk terus menuju ke hilir untuk diversifikasi investasi dan membangun jaringan produksi," kata McAllister saat berbincang dengan media di Sydney, Australia, Senin.

McAllister mengatakan pemerintah Australia berminat menjalin kerja sama dengan Indonesia terkait sektor baterai dan kendaraan listrik.

Hal itu menurut dia dibuktikan dengan kedatangan Menteri Industri dan Ilmu Pengetahuan Australia Ed Husic ke Indonesia pada akhir tahun 2023 untuk menandatangani perjanjian bilateral kerja sama Indonesia-Australia terkait kendaraan listrik.

"Fokus perjanjian itu adalah mendukung hubungan bisnis dan mendukung riset ilmiah terkait pengolahan mineral dan pengembangan baterai dan berbagi keahlian antara Indonesia dan Australia," ujar McAllister.

Dia mengatakan di internal Australia seperti beberapa pemerintah negara bagian sangat berminat untuk menjalin dan menjajaki kerja sama dengan Indonesia terkait ekosistem kendaraan listrik.

Minat tersebut menurut dia, menunjukkan bahwa ekosistem kendaraan listrik merupakan sektor yang sangat menjanjikan peluang bagi Indonesia-Australia sehingga perlu dilakukan kerja sama yang lebih erat lagi.

"Pemerintah negara bagian Australia Barat bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) sudah menjalin kerja sama. Dan tahun lalu, pejabat negara bagian Australia Barat membawa delegasi pengusaha serta perwakilannya ke Jakarta, Surabaya, dan Denpasar," katanya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Australia komitmen bangun ekosistem kendaraan listrik dengan Indonesia
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024