Pemkab Sleman tumbuh kembangkan ekosistem ekonomi kreatif

id Parekraf Sleman ,Ekonomi Kreatif Sleman ,BPD Pusparekraf Sleman ,Bupati Sleman

Pemkab Sleman tumbuh kembangkan ekosistem ekonomi kreatif

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat menghadiri pengukuhan Badan Pengurus Daerah Perkumpulan Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Sleman di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Kamis (27/6/2024). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta terus menjalankan peran dalam menumbuhkembangkan sektor ekonomi kreatif melalui kebijakan yang mendukung berkembangnya ekosistem ekonomi kreatif dengan penyediaan infrastruktur penunjang.

"Dukungan ini terutama untuk subsektor film, animasi dan video dengan membangun Sleman Creative Space menuju Sleman Creatif Park," kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat menghadiri pengukuhan Badan Pengurus Daerah Perkumpulan Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (BPD Pusparekraf) Sleman di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Kamis.

Ia mengatakan, atas kesungguhan Pemkab Sleman dalam mengembangkan sektor ekonomi kreatif, pada 2023 Pemkab Sleman meraih penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan ditetapkannya Kabupaten Sleman sebagai Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia 2023.

"Penghargaan tersebut sebagai apresiasi atas kontribusi Pemkab Sleman dalam menumbuhkembangkan ekonomi kreatif unggulan subsektor Film, Animasi dan Video," katanya.

Dengan dikukuhkannya pengurus BPD Pusparekraf Sleman ini, Kustini berharap para pengurus dapat berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Sleman dalam upaya memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Sleman.

"Terlebih saat ini sektor pariwisata masih menjadi andalan bagi DIY dan Kabupaten Sleman. Pada 2023 yang total pergerakan wisatawan di Kabupaten Sleman mencapai sebanyak delapan juta orang, yang didominasi oleh kunjungan wisatawan Nusantara," katanya.

Ketua BPD Pusparekraf Kabupaten Sleman Agung Tri Sasongko mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas peran Pemerintah Kabupaten Sleman dalam mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten.

Ia juga menyebutkan bahwa BPD Pusparekraf Kabupaten Sleman merupakan BPD Pusparekraf pertama di Indonesia untuk tingkat kabupaten/kota.

"Pusparekraf saat ini sudah ada di 15 provinsi diantaranya ada di Sumatera Utara, Aceh, Lampung, Banten, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali dan DIY. Dalam wilayah kabupaten baru ada Pusparekraf Kabupaten Sleman yang pertama di Indonesia," katanya.

Ia juga berharap BPD Pusparekraf Kabupaten Sleman selanjutnya dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Sleman untuk bersama-sama memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Sleman.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024