Menparekraf: Bangun wisata Pulo Sibandang jadi inspirasi gotong royong

id menparekraf sandiaga uno ,pariwisata sumut ,desa wisata pulo sibandang,wisata pulo sibandang

Menparekraf: Bangun wisata Pulo Sibandang jadi inspirasi gotong royong

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno (ketiga dari kanan) berkunjung ke Kawasan Desa Wisata Pulo Sibandang, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (4/7/2024). ANTARA/HO-Kemenparekraf

Medan (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, semangat gotong royong warga untuk membangun Kawasan Desa Wisata Pulo Sibandang, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Sumut), menjadi inspirasi.

"Itu menjadi inspirasi bagi seluruh wilayah nusantara bahwa kita melakukan ini dalam rangka kolaborasi," ujar Sandiaga, di Kawasan Pulo Sibandang, Kamis.

Menurut Sandiaga, kebersamaan warga Pulo Sibandang menjadi sebuah keunggulan yang membawa kebangkitan pariwisata di wilayah tersebut.

Adapun kawasan desa wisata Pulo Sibandang dibentuk oleh masyarakat yang ada di tiga desa di dalamnya, yaitu Desa Sibandang, Desa Papande, dan Desa Sampuran.

Hasilnya, Pulo Sibandang terpilih masuk ke dalam 50 besar desa wisata terbaik se-Indonesia dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024.

Kawasan desa wisata tersebut juga menjadi satu-satunya desa wisata di Sumut yang lolos dari 321 desa wisata yang mendaftar ke ADWI 2024.

"Fenomena kebersamaan dan gotong royong yang menjadi suatu keunggulan bahwa masyarakat di Pulo Sibandang bisa bersatu membangun daerahnya," kata Sandiaga.

Menparekraf menyebut bahwa Kawasan Desa Wisata Pulo Sibandang merupakan salah satu dari 16 situs warisan geologi (geosite) dari Toba UNESCO Global Caldera Geopark.

Pulo Sibandang memiliki kekayaan alam yang masih alami dan dikelilingi perairan Danau Toba, sehingga dapat memanjakan mata wisatawan.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menparekraf: Gotong royong bangun wisata Pulo Sibandang jadi inspirasi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024