Menparekraf: Malang, Jatim, masuk jajaran kota kreatif di tanah air

id Malang, Sandiaga Uno, kemenparekraf. Kota krratif, malang kota kreatif. Kata kreatif

Menparekraf: Malang, Jatim, masuk jajaran kota kreatif di tanah air

Menparekraf Sandiaga Uno (kanan) mengenakan produk fesyen dari jenama lokal Malang saat menghadiri workshop KaTa Kreatif yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (28/7/2024). ANTARA/HO-Kemenparekraf

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendukung Malang di Jawa Timur,  untuk masuk dalam jajaran kota kreatif se-Indonesia lewat gelaran Workshop Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif.

Menparekraf lewat keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu, turut mempromosikan fesyen sebagai subsektor ekraf dengan mengenakan produk fesyen, yakni baju luaran atau outer dari jenama lokal dengan motif garudeya sebagai ikon Kabupaten Malang yang tergambar dalam relief Candi Kidal yang menginspirasi lambang negara Indonesia serta memakai udeng yang sarat akan makna.

Dengan potensi ekonomi kreatif (ekraf) yang dapat diunggulkan tersebut, ia mendukung Kabupaten Malang mempercepat proses uji petik PMK3I (Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif) untuk memperkuat ekosistem ekonomi kreatif di daerahnya.

"Kita mendorong agar Kabupaten Malang mempercepat proses uji petik sehingga ditetapkan dan bisa dinyatakan sebagai Kabupaten Kreatif se-Indonesia," katanya.

Ekosistem ekraf yang kuat, lanjut dia, dapat menjadi daya dukung keberadaan destinasi wisata termasuk desa-desa wisata yang ada di Kabupaten Malang.



"Kami akan terus membantu dari pemerintah pusat dengan akses pembiayaan, bantuan alat, dan pendampingan dan pelatihan," katanya.

Ia juga mengungkapkan Kabupaten Malang sedang diusulkan menjadi destinasi pariwisata super prioritas, karenanya segala aspek pendukung termasuk ekonomi kreatif perlu dioptimalkan guna memberikan kesejahteraan masyarakat setempat.

Dalam kegiatan Workshop KaTa Kreatif, Sandiaga juga berkesempatan mendengar sejumlah masukan dan kendala yang dihadapi pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Malang mulai dari pendukungan pada subsektor animasi dan film hingga persoalan Hak Kekayaan Intelektual (HKI).


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menparekraf dukung Malang masuk dalam jajaran kota kreatif
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024