Bantul Creative Expo kuatkan Kabupaten Bantul sebagai daerah pariwisata

id Bantul Creative Expo ,Pameran produk unggulan ,Kuatkan daerah pariwisata

Bantul Creative Expo kuatkan Kabupaten Bantul sebagai daerah pariwisata

Pameran produk unggulan Bantul Creative Expo di Pasar Seni Gabusan Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. ANTARA/HO-Kominfo Pemkab Bantul

Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta Abdul Halim Muslih mengatakan, pameran produk unggulan bertajuk Bantul Creative Expo yang telah digelar selama 11 hari sejak 25 Juli sampai 4 Agustus 2024 dapat menguatkan kabupaten ini sebagai daerah pariwisata.

"Apresiasi atas gelaran Bantul Creative Expo yang mampu mendatangkan kunjungan dan transaksi. Maka marilah kita terus kuatkan Bantul sebagai daerah pariwisata, baik sport tourism maupun event tourism," kata Bupati Abdul Halim di Bantul, Senin.

Menurut dia, penguatan Bantul sebagai daerah pariwisata, baik sport tourism maupun event tourism itu terbukti mampu memobilisasi sumber daya ekonomi. Oleh karena itu, seluruh masyarakat agar bersama-sama mendorong prestasi Bantul di berbagai bidang.

"Kepada seluruh masyarakat Bantul dan juga pelaku ekonomi kreatif terus berkreasi dan berprestasi untuk membangun Bantul yang kita cintai," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Bantul Fenty Yusdayati mengatakan, selama 11 hari pelaksanaan pameran Bantul Creative Expo telah dikunjungi sekitar 131 ribu orang, baik dari masyarakat lokal, luar Bantul, bahkan luar provinsi.

Menurut dia, jumlah tersebut meningkat dibandingkan dengan pelaksanaan pameran tahun sebelumnya yang berjumlah 128.972 pengunjung.

"Dengan jumlah pengunjung tersebut maka transaksi penjualan secara langsung tercatat mencapai sebesar Rp2,9 miliar, mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang sebesar Rp2,4 miliar," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pameran produk unggulan Bantul bertema "Kreativitas Berkelanjutan untuk Kesejahteraan" di Pasar Seni Gabusan Bantul tersebut merupakan salah satu wujud upaya Pemerintah Kabupaten Bantul dalam melindungi, memperdayakan UMKM.

"Sekaligus memajukan produk UMKM dengan pendayagunaan potensi lokal untuk peningkatan kreativitas, inovasi, dan promosi baik tingkat regional, nasional dan internasional," katanya.

Dia juga mengatakan, selain sebagai sarana promosi UMKM Bantul, pameran Bantul Expo juga menjadi ajang meningkatkan daya saing pelaku UMKM, dan tentunya memberikan hiburan bagi masyarakat, karena berbagai event yang disajikan setiap harinya.