Indonesia incar gim lokal catatkan transaksi Rp2 triliun di Gamescom

id Gim, ekraf, subsektor gim, gim lokal, gamescom, kemenparekraf

Indonesia incar gim lokal catatkan transaksi Rp2 triliun di Gamescom

Menparekraf Sandiaga Uno (saat) menghadiri Official Opening Ceremony Gamescom di Koelnmesse Halle, Jerman, Rabu (21/8/2024). ANTARA/HO-Kemenparekraf

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan nilai transaksi yang ditargetkan pengembang gim lokal Indonesia dalam ajang gim terbesar dunia, Gamescom Jerman 2024 minimal mencapai 150 juta dolar AS atau sekitar Rp2 triliun.

Menparekraf usai menghadiri Official Opening Ceremony Gamescom yang berlangsung di Koelnmesse Halle, Jerman, melihat potensi dan ini merupakan kali kelima pengembang gim lokal Indonesia untuk berpartisipasi di bursa gim terbesar dunia.

“Ini sebagai tindak lanjut dari Perpres Nomor 19 Tahun 2024, dimana kami ingin gim-gim lokal ini bisa mendapatkan best practice-nya dari sini (Gamescom),” kata Sandiaga sebagaimana dikutip dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Federal Jerman Arif Havas Oegroseno menambahkan, sejak pertama kali Indonesia berpartisipasi dalam Gamescom memperlihatkan dampak positif, hal ini terlihat dari nilai transaksi yang terus bertambah tiap kali ikut serta dalam ajang pameran gim terbesar dunia tersebut.

“Dua tahun lalu (2022) misalnya nilai transaksi hanya 70 juta dolar AS, tahun lalu (2023) sampai 115 juta dolar AS. Jadi ada angka yang terus meningkat,” kata Arif.



Dalam gelaran ini, ia mengungkapkan banyak dari negara, provinsi, atau pemerintah daerah yang mendukung industri gim daerahnya masing-masing. Hal ini tentu dapat menjadi inspirasi bagi paling tidak lima provinsi di Indonesia yang menjadi pusat-pusat game development.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemerintah bidik gim lokal bukukan transaksi Rp2 triliun di Gamescom
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024