Anggota Pansus Haji temukan dugaan manipulasi data Siskohat

id Pansus Angket Haji, Pansus Haji, Siskohat, Keberangkatan Haji 2024, Pansus Haji DPR

Anggota Pansus Haji temukan dugaan manipulasi data Siskohat

Anggota Komisi VIII DPR RI sekaligus anggota Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI Wisnu Wijaya saat ikut memantau jalannya penyelenggaraan pelaksanaan ibadah haji 2024 di Makkah, Arab Saudi. ANTARA/HO-DPR RI

Jakarta (ANTARA) -
Anggota Panitia Khusus (Pansus) Angket Penyelenggaraan Haji 2024 DPR RI Wisnu Wijaya menyampaikan bahwa pihaknya menemukan dugaan manipulasi data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama (Kemenag).
 
Menurut Wisnu dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu, dugaan manipulasi data itu berdampak pada adanya jadwal keberangkatan jamaah haji yang tidak sesuai dengan ketentuan.
 
“Hal itu membuat jadwal keberangkatan jamaah tidak sesuai dengan ketentuan. Ada yang dimajukan lebih awal dan ada yang diundur sehingga memunculkan kecurigaan adanya transaksi di luar prosedur resmi,” ujar anggota DPR dari Fraksi PKS itu.
 
Diketahui, Siskohat merupakan sistem aplikasi untuk mengelola data dan informasi penyelenggaraan ibadah haji. Dengan demikian, Siskohat membantu pemerintah mengatur ibadah haji, seperti mengurus administrasi jamaah haji, termasuk pendaftaran, dokumen, dan keuangan. Siskohat juga membantu calon jamaah haji mencari data tentang ibadah haji dan menghindari kesalahan informasi.
 
Selain itu, Wisnu menyampaikan bahwa Pansus Haji juga menemukan proposal pembagian rata kuota haji tambahan berasal dari Kementerian Agama, bukan dari otoritas Arab Saudi. Bahkan, kata dia melanjutkan, ditemukan sebanyak 3.500 jamaah haji khusus berangkat dengan masa tunggu 0 (nol) tahun.
 
“Ditambah lagi, terdapat tekanan pada sejumlah saksi jamaah maupun pejabat sepanjang proses penyelidikan,” kata Wisnu yang pernah jadi anggota Tim Pengawas Haji.

Sebelumnya, anggota Pansus Angket Haji DPR RI Arteria Dahlan telah meminta kepada pimpinan Pansus agar Siskohat diaudit secara forensik.
 
 


 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Anggota Pansus Haji temukan dugaan manipulasi data di Siskohat
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024