Jepang desak negara G20 dukung reformasi PBB dan WTO

id Jepang,negara G20,reformasi PBB,reformasi WTO

Jepang desak negara G20 dukung reformasi PBB dan WTO

Wakil Menteri Luar Negeri Senior Jepang, Akahori Takeshi, pada Rabu (25/9/2024) menyerukan "reformasi" terhadap PBB dan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) untuk mengatasi masalah global, serta mendesak negara-negara G20 untuk mendukung momentum ini. /ANTARA/Anadolu/py

Ankara (ANTARA) - Wakil Menteri Luar Negeri Senior Jepang, Akahori Takeshi, pada Rabu (25/9) menyerukan "reformasi" terhadap PBB dan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) untuk mengatasi masalah global, serta mendesak negara-negara G20 untuk mendukung momentum ini.

Berbicara pada Pertemuan Menteri Luar Negeri G20 yang diadakan di sela-sela sidang Majelis Umum ke-79 PBB, Akahori menekankan perlunya reformasi tata kelola global yang mendesak untuk memperkuat supremasi hukum dan menangani masalah seperti perang Rusia-Ukraina serta serangan Israel di Gaza.

Mendesak melakukan reformasi PBB, ia menekankan perlunya Dewan Keamanan PBB menjadi "dapat diandalkan dan transparan dalam tanggung jawabnya untuk secara efektif menangani masalah global."

Akahori menyatakan bahwa mayoritas negara, termasuk negara-negara berkembang, mendukung perluasan keanggotaan PBB, dan ia mendesak G20 untuk mendukung aksi nyata dalam reformasi PBB dan Dewan Keamanan.

Akahori juga menyerukan "reformasi" terhadap Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), dengan menekankan perlunya memperkuat sistem perdagangan multilateral.
Sumber: Anadolu



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jepang desak negara G20 mendukung reformasi PBB dan WTO