Gerindra Bantul diminati caleg tokoh masyarakat

id Gerindra

Gerindra Bantul diminati caleg tokoh masyarakat

Partai Gerindra (antaranews.com)

Bantul (Antara Jogja) - Partai Gerindra Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, banyak diminati bakal calon legislatif dari kalangan tokoh masyarakat untuk maju dalam pemilihan umum pada April 2014 mendatang.

Ketua DPD Gerindra DIY, Yose Rizal di sela acara tes seleksi bakal caleg Gerindra di Bantul, Selasa mengatakan saat ini Partai Gerindra memang mempunyai banyak kader dari kalangan tokoh lintas partai politik serta tokoh masyarakat.

"Tokoh-tokoh seperti mantan lurah dan sebagainya ini sudah punya basis massa sendiri sehingga lebih memudahkan kami untuk meraup perolehan suara signifikan dibanding pemilu legislatif 2009 lalu," katanya.

Menurut dia, dengan banyaknya tokoh masyarakat yang bergabung, Gerindra optimistis mampu mencapai target perolehan kursi berjumlah tujuh kursi di DPRD Bantul atau setara dengan satu fraksi pada pemilu 2014.

Target itu, kata naik dibanding dengan perolehan kursi pada pemilihan legislatif (pileg) 2009 yang berjumlah tiga kursi.

Terkait kuota keterwakilan perempuan 30 persen, ia mengatakan sudah memenuhi, akan tetapi belum merata untuk semua daerah pemilihan (dapil), sehingga pihaknya berencana akan melakukan transfer silang bakal caleg perempuan antar dapil.

Meski begitu, pihaknya tidak akan memaksakan jika memang bacaleg perempuan saat diuji tidak berkualitas, maka akan mencari bacaleg lain dan bacaleg tersebut dinyatakan gugur.

Sementara, Ketua DPC Gerindra Bantul, Ashari mengatakan dalam psikotes dan wawancara baceleg partai Gerindra Bantul diikuti sebanyak 45 bacaleg Gerindra, 18 bacaleg di antaranya merupakan perempuan.

"Namun yang masih menjadi pekerjaan rumah kami adalah menyeimbangkan kuota perempuan di tiap dapil, saat ini bacaleg Gerindra di dapil 3 dan dapil 6 ada empat bacaleg, namun di dapil 5 hanya ada satu bacaleg," katanya.

(KR-HRI)