Mahasiswa SV UGM magang di Kawasaki Jepang

id mahasiswa sv ugm

Mahasiswa SV UGM magang di Kawasaki Jepang

Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (Foto lcdc.law.ugm.ac.id)

Jogja (Antara Jogja) - Enam mahasiswa Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mendapatkan kesempatan melakukan magang kerja di Kawasaki Heavy Industries, Akashi, Jepang.

"Mereka merupakan mahasiswa dari Program Studi Diploma Tiga (D-3) Teknik Mesin dan D-3 Teknik Elektro," kata Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Sekolah Vokasi (SV) Universitas Gadjah Mada (UGM) Wikan Sakarinto di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, selama tiga bulan di Jepang, keenam mahasiswa itu magang dalam divisi produksi dan desain sepeda motor Kawasaki Ninja. Mereka juga melakukan riset di Akashi National Institute of Technology (ANIT) atau dalam bahasa Jepang disebut Akashi Kosen.

"Melalui program magang itu mahasiswa diharapkan bisa memperoleh pengalaman kerja nyata di dunia kerja internasional. Selain itu juga mempelajari budaya kerja di Jepang," katanya.

Ia mengatakan jika prestasi kerjanya dinilai memuaskan, sangat terbuka kesempatan untuk studi lanjut di Jepang dan diterima bekerja di Kawasaki Jepang.

"Program magang untuk mahasiswa SV UGM di Jepang itu merupakan kolaborasi antara Akashi Kosen dengan Kawasaki. Pada Agustus dan September 2014 SV UGM juga akan menerima enam mahasiswa Akashi Kosen," katanya.

Selain dengan Akashi Kosen, kata dia, SV UGM juga akan mengirimkan delapan mahasiswa untuk magang dan praktik kerja lapangan di Kitakyushu Kosen pada September hingga November 2014.

Menurut dia, mahasiswa yang akan dikirimkan berasal dari Program Studi D-3 Teknik Sipil, D-3 Teknik Elektro, D-3 Teknik Mesin, dan D-3 Bahasa Jepang.

Sebaliknya SV UGM juga akan menerima sekitar 20 mahasiswa Kyushu yang berasal dari delapan kosen di Pulau Kyushu dalam skema pertukaran mahasiswa internasional.

"Hal itu merupakan tindak lanjut penandatanganan MoU SV UGM dengan 10 kosen di Jepang pada awal 2013 dan awal 2014," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024