SV UGM sediakan banyak jenis beasiswa

id sv ugm sediakan

SV UGM sediakan banyak jenis beasiswa

Ilustrasi (Foto fitb.itb.ac.id)

Jogja (Antara Jogja) - Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menyediakan banyak jenis beasiswa untuk para mahasiswa dari kalangan ekonomi kurang mampu.

"Untuk kuliah di 22 program studi setingkat D-3 dan empat program studi setingkat D-4, kami menyediakan banyak skema beasiswa. Ada lebih dari 60 beasiswa bagi mahasiswa," kata Wakil Direktur Sekolah Vokasi (SV) UGM Wikan Sakarinto di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, pada 2013 sebanyak 2.258 mahasiswa SV UGM menerima beasiswa dari berbagai sumber. Dengan jumlah penerima beasiswa sebanyak itu berarti ada 30-40 persen mahasiswa SV UGM yang menerima beasiswa.

"Pada penerimaan mahasiswa baru 2014 yang akan dimulai pada 10 Februari 2014, SV UGM akan menerima 2.420 mahasiswa baru. Sebanyak 50 persen di antaranya akan diterima melalui jalur masuk tanpa tes yakni program penelusuran bibit unggul atau jalur undangan," katanya.

Ia mengatakan bagi siswa dengan kemampuan akademik tinggi namun tidak mampu secara ekonomi, maka SV UGM membuka Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM).

Selain itu, SV UGM juga membuka penerimaan mahasiswa baru melalui Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK), Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB), dan Penelusuran Bibit Unggul Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, dan Kejuruan (PBUSMAK).

Menurut dia, melalui PBUTM, SV UGM menyediakan kuota 5-10 persen dari total penerimaan program penelusuran bibit unggul. Masing-masing mahasiswa PBUTM hanya dibebani biaya pendaftaran sepuluh ribu rupiah dan tidak dipungut biaya sepeser pun hingga lulus.

"PBUK merupakan bentuk kepedulian SV UGM terhadap pembangunan daerah melalui program kemitraan dengan pemda, institusi, dan perusahaan, sedangkan PBUB bisa melalui prestasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, seni, dan olahraga," katanya.

Ia mengatakan penjaringan mahasiswa baru terbesar melalui PBUSMAK. Penjaringan melalui jalur ini mencapai 80-90 persen dari kuota melalui program penelusuran bibit unggul.

PBUSMAK merupakan program masuk SV UGM melalui seleksi administrasi akademik. Sekolah bisa mengusulkan siswanya yang merupakan 40 persen siswa terbaik di kelasnya pada semester satu hingga lima, atau hingga semester empat untuk siswa kelas akselerasi.

"Selebihnya, SV UGM akan menjaring calon mahasiswa melalui ujian tulis. Ujian tulis gelombang pertama akan diselenggarakan bersamaan dengan Ujian Mandiri UGM 2014 dan ujian tulis gelombang kedua diadakan SV UGM sendiri dengan pendaftaran mulai 9 Juni 2014," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024