PKS Bantul siap ramaikan pencalonan Pilkada 2015

id Pilkada

PKS Bantul siap ramaikan pencalonan Pilkada 2015

Ilustrasi pemungutan suara (Foto ANTARA/Dok)

Bantul (Antara Jogja) - DPD Partai Keadilan Sejahtera Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, siap meramaikan pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati dalam Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bantul 2015.

"Saat ini DPD PKS sedang membentuk Tim Optimalisasi Musyawarah, tim tersebut dipersiapkan untuk menghadapi Pilkada Bantul 2015," kata anggota DPD PKS Bantul Amir Syarifuddin, Rabu.

Ketua Fraksi PKS di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantul ini mengatakan, terkait calon yang diusung untuk maju pilkada mendatang, partai tetap terpengaruh dengan situasi politik nasional.

Namun demikian, kata dia, PKS yang mempunyai empat wakil di DPRD Bantul ini tetap memiliki kesempatan yang sama untuk melakukan koalisi dengan partai lain, termasuk dengan Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) yang dalam Pemilu 2014 menjadi lawan politik.

"Sejauh ini memang belum ada kader internal yang mencalonkan diri untuk pilkada, namun kalau nama sudah mulai penjaringan di internal dan dari luar, ada juga yang mendatangi dan melirik kami," katanya.

Pihaknya berpendapat, dalam pelaksanaan pilkada guna memilih pemimpin Bantul lima tahunan ini, semakin banyak calon yang maju akan semakin baik karena masyarakat memiliki banyak pilihan alternatif.

"Mungkin ada yang menginginkan dinasti ini maju, ada juga yang ingin perubahan, semua kami tampung sebab sekitar 800 ribu warga Bantul juga banyak keinginan, makanya kami akan bekerja dan koalisi dengan siapapun," katanya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Bantul, Ardhi Mahmud Widanto mengatakan, partai telah memiliki sejumlah nama bakal calon bupati baik dari kader internal partai maupun dari luar dalam menghadapi Pilkada 2015.

"Belum dapat dipublikasikan sekarang, karena tahapannya masih lama, kalau dimunculkan sekarang takutnya strategi mudah terbaca pihak lain, PAN juga msih melakukan lobi-lobi dengan partai lain," kata anggota DPRD Bantul ini.

Bupati Bantul saat ini Sri Surya Widati yang diusung PDIP, atau partai dengan massa dan simpatisan terbesar di Bantul, dan menurut kabar yang berkembang istri mantan Bupati Bantul Idham Samawi ini berpotensi dicalonkan kembali.

(KR-HRI)