Praktisi: libur sekolah kesempatan menggaet wisatawan pelajar

id praktisi: libur sekolah

Praktisi: libur sekolah kesempatan menggaet wisatawan pelajar

Taman Pintar Yogyakarta (Foto Istimewa)

Jogja (Antara Jogja) - Masa libur sekolah akhir tahun ini merupakan kesempatan baik bagi pengelola objek wisata di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk menggaet wisatawan pelajar menggunjungi objek wisata yang dikelolanya, kata praktisi pariwisata dan kebudayaan Widi Utaminingsih.

"Untuk itu, para pengelola dan pengurus objek wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)perlu serius dalam mendapatkan para wisatawan pelajar setiap musim libur sekolah yang semakin banyak jumlahnya berkunjung ke daerah ini," kata Ketua Yayasan Widya Budaya Yogyakarta Widi Utaminingsih di Yogyakarta, Rabu.

Menurut Widi, potensi pelajar sebagai wisatawan sangat besar dan DIY sampai saat ini masih menjadi daerah tujuan wisata pendidikan yang besar, apalagi jika sekolah membuat program studi tur menjadi bagian dari pembelajaran sekolah.

Dengan besarnya pergerakan pelajar sekolah yang mulai merambah ke berbagai daerah wisata pelajar di Indonesia, maka DIY akan selalu banyak menerima kunjungan para pelajar karena daerah tersebut adalah salah satu tujuan wisata unggulan di Nusantara yang memiliki ragam wisata.

"Jadi dapat dibayangkan banyaknya nilai rupiah yang akan ada dikarenakan dengan biaya untuk para pelajar yang sedang melakukan wisata pelajar di Indonesia termasuk wisata Yogyakarta," kata Widi.

Ia mengatakan, dengan perjalanan wisata pelajar di Indonesia tersebut dapat semakin mampu membantu meningkatkan ekonomi rakyat di sekitar objek wisata yang ada di daerah ini, termasuk membuka peluang keberadaan seni dan budaya di daerah ini untuk berkembang dan yang sampai kini masih dilestarikan masyarakat setempat.

"Kesenian lokal bisa menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke objek wisata karena bisa menjadi pertunjukkan yang mengensankan," katana Widi Utaminingsih.

Karena itu, kata dia, lewat banyak promosi yang dibuat, dapat membuat program wisata pendidikan yang dilakukan pada masa libur sekolah dapat memberi solusi dalam memajukan kesejahteraan masyarakat khususnya yang berada di sekitar objek wisata daerah ini.

(H008)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024