Dinkes Bantul siapkan posko kesehatan kawasan wisata

id posko kesehatan

Dinkes Bantul siapkan posko kesehatan kawasan wisata

Ilustrasi posko Lebaran di Kabupaten Bantul, DIY (Foto ANTARA/Sidik)

Bantul (Antara) - Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menyiapkan posko pelayanan kesehatan di sejumlah kawasan wisata selama libur Idul Fitri 1436 Hijriah.

"Terkait pengamanan Lebaran 2015, kami akan mendirikan posko kesehatan di lima titik, ditambah posko di tempat-tempat wisata terutama objek wisata pantai," kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Bantul Bintarto di Bantul, Minggu.

Menurut dia, posko kesehatan di tempat wisata bertujuan mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat terutama wisatawan yang mengalami kecelakaan maupun gangguan kesehatan saat berlibur di objek wisata.

Ia mengatakan, posko kesehatan di tempat wisata disiapkan mulai hari H lebaran yang lokasinya bergabung dengan pos pengamanan yang dikoordinasikan bersama pihak terkait, seperti SAR dan kepolisian resor (polres) setempat.

"Di lokasi wisata terutama pantai biasanya dikunjungi banyak wisatawan, sehingga ketika ada wisatawan yang tersengat ubur-ubur atau kecelakaan laut dan gangguan kesehatan lainnya, bisa segera ditangani," katanya.

Bintarto mengatakan, pendirian posko kesehatan di tempat wisata merupakan agenda tahunan saat libur Lebaran, yang pada Lebaran 2015 merupakan tahun kedua setelah beberapa tahun sebelumnya tidak disiapkan secara khusus.

"Penambahan pos kesehatan di tempat wisata ini karena berdasarkan kajian kami pada H+1 Lebaran banyak yang berkunjung ke pantai. Tahun ini rencananya di semua pantai ada (posko kesehatan)," katanya.

Ia mengatakan, lima posko kesehatan yang disiapkan di jalur mudik antara lain di Jalan Srandakan, Jalan Wates Sedayu, simpang empat jalan lingkar selatan Druwo, simpang empat Ketandan Banguntapan, dan Jalan Wonosari Piyungan.

"Khusus untuk posko kesehatan di simpang empat Druwo, lokasinya menjadi satu dengan Pos Terpadu Pengamanan Lebaran yang didirikan Kepolisian Resor (Polres) Bantul. Jadi, tim akan bergabung dengan instansi lain," katanya.

(KR-HRI)