Kantor Pos cetak kartu bergambar objek wisata

id kantor pos wates

Kulon Progo (Antara Jogja) - Kantor Pos Cabang Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencetak 100 lembar kartu pos bergambar objek wisata setempat sebagai kartu ucapan selamar Idul Fitri 1436 Hijriah.

Kepala Kantor Pos Wates Abdullah di Kulon Progo, Kamis, mengatakan ada tiga objek wisata yang dijadikan gambar kartu pos tersebut yakni Waduk Sermo, Kalibiru, dan Pantai Glagah.

"Kami telah mencetak 100 lembar kartu pos wisata yang telah disebarkan di seluruh kantor cabang," kata Abdulla.

Ia mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemkab Kulon Progo melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) terkait pembuatan kartu pos ini.

Menurut dia, kartu pos wisata bisa digunakan masyarakat untuk mengirimkan ucapan selamat Lebaran ke sanak-saudara yang berada di luar daerah. Namun, biaya pengirimannya dibebankan ke masyarakat.

"Tujuan dari pembuatan kartu pos bergambar objek wisata dalam rangka mempromosikan objek-objek wisata dan mengajak masyarakat kembali memanfaatkan jasa pos," kata dia.

Dia mengatakan berdasarkan pengalaman tahun lalu, peluncuran kartu pos wisata memang tidak terlalu banyak menyedot perhatian masyarakat. Dari 200 kartu pos yang dicetak pihaknya pada Lebaran 2014, tidak seluruhnya diambil oleh masyarakat.

"Tahun lalu masih ada sisa, makanya sekarang kami cetak awal 100 lembar. Selain karena belum diketahui masyarakat, peminat kartu pos wisata berperangko ini juga sudah mulai turun. Biasanya hanya laris saat momen tertentu seperti Lebaran dan wisuda," Abdullah.

Untuk melengkapi program kartu pos wisata, ia mengatakan Kantor Pos Wates juga menawarkan penggunaan perangko prisma. Perangko jenis ini, akan mencantumkan foto pengirim sehingga lebih mudah dikenali penerima.

"Pengirim bisa kirim foto ke kami, bisa juga foto di sini. Harganya Rp32 ribu untuk delapan lembar," Abdullah.


(KR-STR)