Harga naik jelang Lebaran, ini kiat atur keuangan biar tak tekor

id Hidup hemat,Mengatur keuangan,Pos keuangan

Harga naik jelang Lebaran, ini kiat atur keuangan biar tak tekor

Ilustrasi THR. (Dok ANTARA)

Jakarta (ANTARA) - CEO dan Kepala Perencana Keuangan QM Financial Ligwina Hananto memberikan kiat dalam menghadapi kenaikan harga jelang perayaan Lebaran.

"Ya tentu berhemat. Apa yang harus kita lakukan apa yang harus kita siapkan. Kalau buat aku, orang yang sudah punya anggaran akan tahu dia berhematnya buat apa," ujar Ligwina di Jakarta, Rabu.

Ligwina membagikan sebuah rumus sederhana yang dikenal sebagai rumus 1, 2, 3, dan 4. Angka 1 mengacu pada 10 persen, 2 adalah 20 persen, 3 adalah 30 persen, dan 4 adalah 40 persen.



Menurut rumus ini, 10 persen dari penghasilan harus dialokasikan untuk ditabung dan diinvestasikan. Selanjutnya, maksimal 20 persen dapat digunakan untuk keperluan gaya hidup, seperti bersenang-senang, menonton bioskop, atau mengunjungi kafe.

Bagian berikutnya, yakni sebanyak 30 persen dapat dialokasikan untuk pembayaran hutang atau cicilan. Sementara itu, sisanya, yaitu 40 persen adalah untuk biaya hidup sehari-hari.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Perencana keuangan berikan kiat hadapi kenaikan harga jelang Lebaran
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024