Produksi cabai Bantul cukupi kebutuhan kebutuhan daerahnya

id Cabai

Produksi cabai Bantul cukupi kebutuhan kebutuhan daerahnya

ilustrasi (Foto ANTARA)

Bantul, (Antara Jogja) - Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengklaim produksi cabai para petani setempat dalam satu tahun mampu mencukupi kebutuhan masyarakat di daerahnya sendiri.

"Kalau kebutuhan konsumsi cabai di Bantul memang belum kita hitung, tetapi kalau untuk Bantul sendiri saya kira produksinya mencukupi," kata Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Bantul Pulung Haryadi di Bantul, Selasa.

Menurut dia, kapasitas luas tanam cabai berbagai varietas di beberapa sentra tanaman hortikultura tersebut di wilayah Bantul selama setahun sekitar 200 hektare dengan produktifitas panen rata-rata 10 ton cabai per hektare.

Dengan demikian, kata dia, jika dihitung produksinya mencapai 2.000 ton cabai, produksi yang dinilai cukup untuk kebutuhan daerah sendiri, namun jika harus dikirim ke luar daerah, maka produksinya harus ditambah.

"Rata-rata cabai dan bawang merah itu kan dipasarkan ke luar daerah, namun kalau kebutuhan di Bantul itu hanya dua biji per hari dan itu bisa dipenuhi oleh produksi Bantul, sedangkan kalau ke luar butuh produksi cabai lebih banyak lagi," katanya.

Pulung mengatakan, upaya untuk menambah produksi cabai di Bantul diantaranya dengan gerakan tanam cabai pada lahan pekarangan, yang pada musim tanam Maret 2017 dinas membagikan 10 ribu bibit untuk semua kelompok wanita tani (KWT) di Bantul.

"Di lahan pekarangan itu dengan jarak tanam satu meter itu sudah bisa. Jadi kita berharap dalam satu rumah bisa lima sampai 10 pohon cabai kalau itu bisa dicapai, saya kira sudah bisa menjawab tantangan ke depan," katanya.

Ia mengatakan, dengan demikian, selain kebutuhan cabai untuk masyarakat Bantul terpenuhi dari produksi sendiri sisanya bisa untuk mensuplai daerah lain, sehingga ketersediaan bahan pangan tersebut terus tersedia dan berdampak positif bagi pertanian Bantul.

"Saya percaya kalau produksi cabai terus bertambah tidak ada penurunan harga cabai di pasaran karena saya yakin kalau kebutuhan cabai itu tidak hanya untuk masyarakat Bantul saja, melainkan luar Bantul, sehingga harga tidak jatuh," katanya. ***3***

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024