Sultan minta orang tua hati-hati awasi anak

id awasi anak

Sultan minta orang tua hati-hati awasi anak

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X (Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto) (antara)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X mengimbau para orang tua meningkatkan kehati-hatian dalam mengawasi anak menyusul maraknya isu mengenai penculikan anak.

"Saya punya harapan orang tua agar hati-hati, saya juga tidak tahu itu betul atau tidak," kata Sultan di Gedung DPRD DIY, Senin.

Sebelumnya dikabarkan sejumlah kasus dugaan percobaan penculikan anak yang terjadi di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Gunung Kidul. Terkait kasus itu, hingga saat ini polisi masih mendalami fakta dan mencoba memetakan latar belakang peristiwa yang seluruhnya dikabarkan terjadi pada Maret 2017 itu.

Selain mengimbau orang tua, menurut Sultan, jika kabar penculikan itu memang sudah bisa dipastikan kebenarannya, para guru juga diharapkan meningkatkan intensitas pengawasan kepada siswa-siswanya. "Kalau memang itu benar, ya harus hati-hati betul dalam mengawasi anak," kata dia.

Masyarakat secara umum, menurut dia, juga diharapkan tidak abai dengan kondisi lingkungannya. Jika mengetahui berbagai peristiwa di lingkungannya termasuk yang mengarah pada penculikan anak, masyarakat diharapkan segera bertindak.

"Kalau memang dia melihat sesuatu yang seperti itu ya masyarakat harus bisa bersikap proporsional, jangan diam saja," kata Sultan.

(L007)