UAD bina mahasiswa di bidang seni budaya

id uad bina budaya

UAD bina mahasiswa di bidang seni budaya

Logo Universitas Ahmad Dahlan (kampus-info.com)

Jogja  (ANTARA Jogja) - Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta tidak hanya melakukan pembinaan mahasiswa pada ranah akademik tetapi juga di bidang seni dan budaya, kata Wakil Rektor III universitas itu Muchlas MT.

"Kami menyiapkan fasilitas, dana, pendamping, dan pelatih bagi mahasiswa yang memiliki bakat dan talenta di bidang seni dan budaya serta mengirimkan mereka dalam berbagai lomba di bidang tersebut," katanya di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, pembinaan tersebut membuahkan berbagai prestasi pada ajang lomba seni dan budaya. Salah satu prestasi terbaru yang dicapai adalah Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menjadi juara umum Pekan Seni Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PSMPTM) 2012.

"Capaian prestasi itu termasuk pada ajang PSMPTM menunjukkan keseriusan UAD dalam pembinaan mahasiswa. Prestasi itu merupakan wujud nyata UAD dalam mengembangkan seni dan budaya di kampus," katanya.

Ia mengatakan persiapan yang matang dengan didampingi para pelatih dan pembina yang dilakukan secara sistematis, terencana, dan terprogram memang selalu akan mencapai hasil yang maksimal dan menggembirakan.

"Kerja keras, ikhlas, penuh loyalitas, dan dedikasi disertai doa dari berbagai pihak telah terbayarkan dengan hasil yang sangat menggembirakan, yakni juara umum PSMPTM 2012," kata Muchlas.

Kepala Biro Kemahasiswaan UAD Tri Budianto mengatakan PSMPTM 2012 merupakan ajang lomba bidang seni dan budaya yang pertama bagi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) se-Indonesia.

"`Event` yang diselenggarakan Lembaga Seni Budaya dan Olahraga Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Makassar, 16-18 September 2012 itu diikuti 150 peserta dari 22 PTM se-Indonesia," katanya.

Menurut dia dalam ajang tersebut UAD berlomba pada 11 kategori, di antaranya baca puisi, penulisan puisi, penulisan cerpen, monolog, menyanyi pop islami, kaligrafi, melukis dekorasi, dan membaca Al Quran

"UAD mengirimkan 14 mahasiswa dan berhasil menyabet lima medali emas, satu medali perak, dan satu medali perunggu sehingga meraih predikat juara umum," katanya.

Ia mengatakan peraih lima medali emas adalah Rahma Nurjanah dan Nasirin pada lomba baca puisi, Trisia Mayang (menyanyi lagu Islami), Widya Prana Rini (kaligrafi), dan Angga Trio Sanjaya (penulisan puisi).

"Peraih medali perak adalah Ichsan Yuniansa Putra pada lomba monolog, sedangkan medali perunggu diraih Indra Hari Saputra pada lomba menyanyi lagu islami," kata Tri.

(L.B015)