Kaka dan Ronaldinho absen di Piala Konfederasi

id ronaldinho absen di piala

Kaka dan Ronaldinho absen di Piala Konfederasi

Ronaldinho (( antaranews.com))

Rio De Janeiro (Antara/Reuters Jogja) - Pemenangan Piala Dunia  Ronaldinho dan Kaka tidak akan tampil pada turnamen Piala Konfederasi di Brazil, karena pelatih Luiz Felipe Scolari lebih memilih menurunkan para pemain muda untuk menimba pengalaman.  
 
Bek murni Manchester United Rafael dan pemain tengah Chelsea  Ramires, pemain regular tim nasional negara itu dalam beberapa tahun ini, juga tidak akan tampil dan juga tidak ada tempat bagi mantan striker AC Milan Alexandre Pato.

Brazil akan menurunkan para pemain sama seperti yang akan turun pada laga persahabatan melawan Inggris di Rio de Janeiro pada 2 Juni dan Prancis di Belo Horizonte satu minggu kemudian.  

Pendukung Brazil mengharapkan setidaknya akan turun salah satu dari Kaka dan Ronaldinho, yang di Piala Dunia 2002 memenangi laga yang dipimpin Scolari, pada kompetisi yang diikuti delapan negara dan diadakan di Brazil mulai Juni.  

Ronaldinho (33), pemain favorit yang menjadi inspirasi dalam klubnya Atletico Mineiro, diharapkan pula tampil tapi mereka tidak punya hak untuk memberikan pendapat kepada pelatih yang dikenal dengan julukan Big Phil itu.  

"Kami memang akan menurunkan pemain yang kurang pengalaman, tetapi kami membawa hal paling antusias kepada para pemain muda," kata Scolari dalam temu pers di hadapan sekitr 300 wartawan di hotel di Rio de Janeiro.  
 
"Bila ada pemain yang tidak ada dalam tim, berarti saya sedang khawatir dengan penampilannya. Bila ia ada dalam tim, berarti saya tidak ada kekhawatiran tentang dia," katanya.  

Scolari bekerja di tim itu sejak November setelah Mano Menezes dengan mengejutkan dipecat setelah mendapatkan satu kemenangan, saat laga tandang ke Bolivia, dalam lima laga persahabatan mereka. Ronaldinho bermain dalam tiga pertandingan saat itu.  

Penampilan Ronaldinho  
"Ketika saya memilih pemain, sebelumnya saya analisis apakah saya dapat menang atau kalah dalam pemilihan itu. Setelah itu baru saya ambil keputusan," kata Scolari.  

"Ketika mengamati tentang masalah disiplin, saya pilih para pemain yang bersikap sepadan dengan tim Brazil dan apa yang sudah kami lakukan dalam lima pertandingan persahabatan kami," ujarnya.  

Ronaldinho dikeluarkan pada paruh waktu pertandingan persahabatan melawan Inggris, Februari lalu, setelah tampil kurang mengesankan saat gagal dalam melakukan tendangan penalti.  

Ia juga tampil ketika timnya menang 4-0 di Bolivia dan seri 2-2 di kandang lawan Chile, ketika tim Brazil disoraki dan diejek di tengah lapangan.  
Pemain Real Madrid, Kaka, tampil di bawah performa ketika melawan Italia dan Rusia.  

Scolari mengatakan ia tidak takut mendapat cercaan dari pendukung tim Brazil bila ia tidak menurunkan Ronaldinho, yang masih tetap merupakan pemain paling populer.  

"Bila kami tidak melakukan hal itu, maka kami bisa saja nanti dipersalahkan setelah pertandingan," katanya.  

Scolari menyatakan dengan jelas bahwa semua pemain yang akan diturunkan dalam turnamen Piala Konfederasi merupakan basis tim yang akan turun di Piala Dunia tahun depan, ketika Brazil sedang berusaha meraih gelar juara untuk keenam kalinya di tanah sendiri.  

Kejutan paling besar adalah masuknya pemain striker berusia 20 tahun dari Atletico Mineiro, Bernard, yang baru sekali bermain internasional (cap).  

Brazil lawan Jepang, Italia dan Meksiko dalam pertandingan grup mereka.  
Berikut ini susunan pemain Brazil.  
Penjaga gawang: Julio Cesar (Queens Park Rangers), Diego
Cavalieri (Fluminense), Jefferson (Botafogo)
Pemain bertahan: Rever (Atletico Mineiro), Thiago Silva (Paris St
Germain), Daniel Alves (Barcelona), Jean (Fluminense), Marcelo
(Real Madrid), David Luiz (Chelsea), Dante (Bayern Munich),
Filipe Luis (Atletico Madrid)              
 Pemain tengah : Paulinho (Corinthians), Luiz Gustavo (Bayern
Munich), Fernando (Gremio), Hernanes (Lazio), Oscar (Chelsea),
Lucas (Paris St Germain)
Pemain depan: Hulk (Zenit St Petersburg), Bernard (Atletico
Mineiro), Leandro Damiao (Internacional), Fred (Fluminense),
Neymar (Santos), Jadson (Sao Paulo).  
 
Penerjemah: AR Leobis