Strauss-Kahn: karir politik saya habis

id strauss khan

Strauss-Kahn: karir politik saya habis

Mantan Kepala Dana Keuangan Internasional (IMF) Strauss-Kahn (Foto Reuters)

Moskow (AFP/Antara Jogja) - Mantan Kepala Dana Keuangan Internasional (IMF) Dominique Strauss-Kahn mengatakan dalam wawancara dengan televisi Rusia, Rabu, karir politiknya sudah habis dan ia kini bekerja sebagai penasehat ekonomi.

"Politik bagi saya adalah masa lalu," kata Strauss-Kahn --yang mengundurkan diri dari jabatan puncak IMF pada 2011, setelah dituduh melakukan pelecehan seksual di sebuah hotel di New York.

Ia memberikan wawancara pada televisi berita Rossiya 24.

"Sekarang, saya bekerja sebagai penasehat ekonomi bagi sebuah perusahaan besar di sejumlah negara di seluruh sudut bumi -- Rusia, Afrika dan Amerika Latin," tambahnya.

"Saya berusaha memberikan yang terbaik untuk memenuhi tugas dan memberikan nasehat yang paling tepat," ujarnya dalam wawancaya yang dilakukan dalam bahasa Prancis namun disulih suara ke dalam bahasa Rusia.

Hingga kejatuhannya, Strauss-Kahn terlihat unggul dalam pencalonan presiden Prancis dibandingkan dengan Nicolas Sarkozy, namun kasus New York membuat kesertaannya tidak mungkin dilakukan.

Perebutan kursi kepresidenan akhirnya dimenangkan telak oleh timpalannya di kubu sosialis, Francois Hollande.

Strauss-Kahn pada Juli tiba-tiba ditunjuk menjadi anggota dewan direksi bagi dua perusahaan negara Rusia-- yang mengawasi lembaga keuangan yaitu Dana Rusia untuk Investasi langsung dan Bank Rusia untuk Pembangunan daerah, yang dikuasai oleh perusahaan minyak raksasa Rosneft.

"Perusahaan-perusahaan ini memberi saya tugas untuk memberi pandangan yang luas mengenai seluruh pasar global," Strauss-Kahn menambahkan.

Ia mengakui masalah hubungan seksual di kamar hotel di New York, tetapi sebagai tindakan yang berdasarkan persetujuan. Pada Desember ia membayar ganti rugi pada pembantu yang mengemukakan tuduhan pelecehan seksual tersebut.

Suatu penyelidikan kejahatan atas kasus itu menjadi gugur setelah sang pembantu mengganti versi ceritanya sehingga jaksa penuntut melihat kemungkinan tuntutan yang sangat kecil.

Namun dalam masalah hukum yang memusingkan, muncul lagi bulan lalu tuduhan bahwa Strauss-Kahn (64) akan menghadapi 12 tuduhan termasuk dengan jaringan pelacuran d kota Lille, Prancis.

Strauss- Kahn yang ditampilkan televisi Rusia sebagai "Ekonom berpengaruh di Prancis" mengatakan ia dipekerjakan oleh perusahaan Rusia karena pengalamannya di bidang ekonomi.

"Pimpinan perusahaan ini memutuskan bahwa pengetahuan saya akan bermanfaat dan pekerjaan ini cocok bagi saya karena saya pikir bahwa seluruh kekuatan ekonomi harus bekerja bersama," katanya.

Ia mengatakan bahwa Rusia harus "Menginternasionalkan kegiatan ekonominya secara gencar" dan lebih banyak menanam modal di negara-negara lain.
(M007/A/C003)