Tarian massal khas Melayu Dayak sambut Porwanas

id porwanas dayak melayu

Tarian massal khas Melayu Dayak sambut Porwanas

Porwanas PWI 2013 (antaranews.com)

Banjarmasin (Antara Jogja)- Tarian massal sekitar 200 anak pelajar di Kabupaten Banjar dan Kota Banjarmasin akan membawakan tarian khas Melayu dan Dayak menyambut tamu kontingen Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) di Kalimantan Selatan.  

"Tarian massal tersebut rencananya disaajikan saat pembukaan tanggal 14 September 2013," kata Ketua PWI Cabang Kalsel Faturahman kepada wartawan di Banjarmasin, Kamis.

Ia menyebutkan tarian bahwa tersebut disajikan di lapangan terbuka Stadion Demang Lehman, Kota Martapura, Ibu Kota Kabupaten Banjar, atau berjarak sekitar 45 kilometer timur Kota Banjarmasin.

Tadinya pembukaan Porwanas akan berlangsung di Stadion 17 Mei Banjarmasin, tetapi renovasi stadion kebanggaan rakyat Kalsel itu belum selesai sehingga alternatifnya di Stadion Demang Lehman.

Keberadaan Stadion Demang Lehman dinilai cukup memadai karena stadion yang dibangun Pemerintah Kabupaten Banjar sejak dua tahun belakangan ini seringkali digunakan sebagai lapangan Liga Indonesia, atau sebagai lapangan tuan rumah kesebelasan Barito Putra, katanya.

Rencananya, lapangan ini pula akan digunakan sebagai pertandingan sepakbola Porwanas yang diikuti 34 kesebelasan.

Menurut informasi pembukaan Porwanas XI dijadwalkan dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), sedangkan pembukaan Kongres XXIII PWI diharapkan oleh Presiden SBY.

Kedatangan para kontingen Tim Porwanas dari berbagai penjuru Indonesia akan dilakukan penyambutan di berbagai pintu masuk terutama Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, 23 kilometer Banjarmasin.

Setiap peserta akan memperoleh kain Sasirangan sedangkan ketua Kontingen akan diberi laung, songkok khas Banjar. (H005)    

Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024