Disdikpora DIY alokasikan Rp3 miliar untuk UASDA

id Ujian

Disdikpora DIY alokasikan Rp3 miliar untuk UASDA

Ilustrasi Ujian sekolah (Foto Antara/Wahyu Putro)

Jogja (Antara Jogja) - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta mengalokasikan anggaran Rp3 miliar untuk penyelenggaraan Ujian Akhir Sekolah Daerah atau UASDA bagi sekolah dasar pada Mei 2014.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Kadarmanta Baskara Aji di Yogyakarta, Selasa, mengatakan alokasi dana itu secara keseluruhan diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Yang membedakan UN SD pada tahun lalu dengan tahun ini adalah namanya serta pembiayaanya. Nanti tidak lagi dibiayai dari APBN melainkan seluruhnya daerah," kata Aji.

Menurut dia, dengan tidak adanya dana dari pusat maka seluruh anggaran difokuskan untuk pelaksanaan UASDA bagi SD, tanpa mencakup pembiayaan "try out" atau persiapan pendukung lainnya.

Menurut dia try out yang rencananya dilaksanakan pada awal April 2014, tidak dapat dialokasikan lagi dari APBD, karena keputusan dana untuk UASDA sudah final setelah Januari.

"Untuk mengatasi itu, maka pelaksanaan try out kami kerja samakan dengan sekolah," katanya.

Sementara itu, ia mengatakan, pihaknya telah melaksanakan penyusunan daftar nominasi sementara (DNS) menjadi daftar nominasi tetap (DNT).

"Kami sudah mengembalikan ke seluruh SD untuk diverifikaasi agar jumlah siswa yang mengikuti UASDA benar-benar valid," kata dia.

Selain itu, menurut dia, dalam rangka persiapan UASDA, guru SD juga akan segera mendapatkan pelatihan untuk menyusun soal ujian.

"Hal itu diupayakan karena 75 persen soal ujian juga dibuat oleh daerah," kata dia.

(KR-LQH)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024